Suhu tubuh di bawah normal, normalkah?

AH Info Penanya: AH
Halo dok, saya mau nanya setiap pengukuran suhu tubuh dikantor selama satu bulan ini suhu saya hanya di kisaran 35 derajat, dan pernah dua kali di kisaran 34,8 derajat...sementara saya baca di artikel suhu tubuh normal manusia di kisaran 36-37 derajat..utk itu saya mau nanya apakah kisaran suhu tersebut berbahaya & apakah kira" penyebab suhu tubuh sangat rendah? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suhu tubuh yang normal bisa berada di antara 36,5-37,5 derajat Celcius. Suhu tubuh normal bisa berubah sepanjang hari. Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa memengaruhi suhu tubuh. Suhu tubuh normal juga bisa berbeda, entah lebih tinggi atau lebih rendah, misal ketika seorang wanita berovulasi atau saat siklus menstruasi.

Suhu tubuh rendah bisa disebut sebagai hipotermia. Suhu tubuh yang terlalu rendah  dapat mengancam jiwa karena memperlambat sistem kerja saraf dan berujung pada kegagalan fungsi organ jantung dan pernapasan, serta kematian. Seseorang dikatakan mengalami hipotermia jika suhu tubuh berada di bawah 35 derajat Celcius.

Jika Anda mengalami hipotermia beserta gejala lain seperti menggigil, bicara tidak jelas, pernapasan yang pendek dan pelan, serta perlahan-lahan hilang kesadaran. Sebaiknya Anda mencari pertolongan segera. Dan kunjugi Rumah Sakit terdekat. Saat suhu badan Anda di bawah 35 Celcius usahakan tidak mengigil dengan menggunakan pakaian hangat, makan lebih banyak agar gula darah Anda naik, minum air hangat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Termometer air raksa mudah untuk digunakan dan memiliki harga yang terjangkau, tetapi termometer air raksa memiliki kandungan merkuri yang berbahaya bagi kesehatan

Bahaya Termometer Air Raksa yang Jarang Diketahui

Termometer air raksa umum digunakan karena memiliki harga yang terjangkau dan penggunaan yang mudah. Namun, air raksa atau senyawa merkuri dalam termometer air raksa bersifat racun dan membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.