23 Jan 2021, 16:00Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan telapak kaki terasa hangat ?

OM
Info Penanya: OM0
Sejak tadi pagi saya merasakan telapak kaki saya suhunya naik turun, bangun tidur didalam telapak kaki terasa seperti hangat sekali, begitu agak siang ketika disentuh dingin. Dan ini kembali terasa hangat (terasa hangat bagian dalamnya , ketika disentuh normal ) Kejadian tersebut hanya terjadi jika saya sedang berdiam diri,duduk,atau tiduran. Jika sedang berjalan/aktivitas suhunya normal (tidk hangat n dingin)
221 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, O.Telapak kaki merupakan salah satu penopang tubuh. Tubuh yang terlalu besar, gemuk, kondisi kaki yang tidak optimal menahan beban tubuh akibat suatu peradangan, atau benturan yang terjadi pada telapak kaki membuat aktifitas seseorang menjadi terganggu.

Apa yang menyebabkan telapak kaki terasa hangat ?

Suhu tubuh manusia diatur oleh hipotalamus di dalam otak. Saat bagian tubuh terjadi infeksi atau peradangan maka tubuh akan mengkode otak agar menaikan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat ini bisa terjadi di seluruh tubuh atau hanya pada organ yang sedang meradang.Telapak kaki bisa terasa hangat dikarenakan beberapa hal anatra lain :
  • Paparan suhu panas di sekitar telapak kaki.
  • Peradangan tulang persedian kaki akibat gout artritis.
  • Infeksi pada kulit kaki.
  • Gangguan hantaran saraf akibat hiperkolesterol, darah tinggi, dan penyakit gula.
Keluhan yang Anda rasakan hanya saat Anda berdiam diri, duduk, atau tiduran karena disaat beraktiifitas aliran darah Anda bisa menjadi lebih cepat, dan konsentarsi Anda tertuju pada aktifitas yang Anda lakukan. Lain halnya saat sedang istirahat, Anda lebih berkonsentrasi terhadap apa yang terjadi di tubuh Anda, sehingga keluhan lebih dirasakan.Jika telapak kaki terus terasa hangat, bertambah nyeri, terdapat bengkak, kesemutan, hilang rasa, ataupun kelemahan pada kaki, Anda dapat konsultasi secara langsung ke dokter penyakit dalam. Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh, kesehatan kaki, menjaga berat badan yang ideal, kontrol kesehatan baik tekanan darah, kadar gula, kolesterol maupun asam urat dengan medical check up.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asam uratkolesterolneuropati perifer
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil