Suhu tangan dan kaki balita 17 bulan berbeda, apakah yang terjadi?

SA Info Penanya: SA
Permisi, saya mau bertanya.. Saya punya anak balita perempuan umur 17 bulan, belakangan ini suhu badan dan tangannya berbeda dokter, suhu badannya biasa (dingin) tp suhu telapak tanganna anget (cenderung panas) itu kenapa ya dokter? Bahaya kah? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SA,

Proses metabolisme adalah sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Proses metabolisme ini terjadi dengan adanya proses mengelola zat makanan dan oksigen bagi sel manusia. Metabolisme yang aktif dan tidak terganggu bisa ditandai dengan pernafasan, pencernaan yang baik serta bisa dilihat dengan suhu badan manusia. Pada kondisi normal tidak ada perbedaan antara tangan, kaki dan badan namun jika tangan,kaki lebih dingin daripada badan maka bisa disebabkan tidak lancarnya aliran darah (Perfusi).

Beberapa tips untuk menjaga kesehatan anak Anda diantaranya :

  1. Pakaikan kaus pada kaki dan tangan anak Anda
  2. Hindari penggunaan kipas angin atau AC berlebihan
  3. Sebaiknya hindari berikan asupan makanan selain anjuran dokter 
  4. Berikan suplemen makanan atau vitamin untuk meningkatakan kekebalan tubuh
  5. Cek rutin ke dokter

Bersama ini saya sertakan artikel Penyakit umum pada bayi dan balita untuk menambah wawasan Anda. Konsultasikan dengan dokter spesialis anak bila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Korban bullying berisiko mengalami berbagai gangguan psikologis, salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD)

Anak-anak Korban Bullying Berisiko Lebih Besar Terkena PTSD Saat Dewasa

Gangguan psikologis yang dapat timbul pada korban bullying bisa beragam. Salah satunya yaitu post traumatic stress disorder (PTSD). PTSD pada korban bullying bisa ditandai dengan berbagai ciri yang bisa dikenali sejak dini, seperti mengalami mimpi buruk, depresi, dan gangguan mental.