15 Dec 2020, 07:12Penyakit Lainnya

Suhu tubuh meningkat malam hari apa penyebabnya ?

VS
Info Penanya: VS0
Selamat Pagi Dok, Mohon penjelasannya Saya sering mengalami badan panas diatas 38•© ketika dalam kondisi tidur nyenyak, baik pada saat tidur pagi siang sore ataupun malam,, dalam masa tidur saya pasti mengalami badan panas namun ketika sudah bangun, sudah tidak mengalami panas lagi , apakah saya ada penyakit?
9329 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore VS,Suhu badan normal pada manusia adalah 36-37,5 derajat celcius. Suhu badan bisa diukur dengan termometer tubuh. Suhu tubuh bisa menurun atau meningkat pada kondisi tertentu. Normalnya suhu badan akan meningkat saat sedang beraktivitas karena adanya pembakaran kalori, atau bisa karena cuaca yang panas, atau bisa juga karena kekurangan cairan (dehidrasi).Seseorang dikatakan demam bila suhu badannya lebih dari 37,5 derajat celcius. Demam merupakan suatu reaksi tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh. Peningkatan suhu ini mencegah kuman-kuman penyebab infeksi berkembang biak. Penyebab demam malam hari :
Perlu diketahui pula gejala yang menyertai demam apakah ada mual muntah, pusing, lemas, diare, sesak, keringat dingin, nyeri perut, badan ngilu, mengigil, dan sebagainya. Yang dapat VS lakukan sekarang adalah banyak minum air putih, istirahat cukup, jangan bergadang, konsumsi makanan bergizi, jangan bergadang, makan banyak buah sayur, dan konsumsi vitamin. Bila demam bisa minum obat acetaminofen (paracetamol) dan dibantu dengan kompres air biasa pada bagian jidat, ketiak dan selangkangan. Jangan menggunakan baju yang tebal atau berlapis-lapis. Bila gejala menetap selama 5 hari, sebaiknya VS memeriksakan diri ke dokter untuk kemudian melakukan pemeriksaan darah. Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
demamdemam berdarah denguemalariademam tifoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil