18 Dec 2020, 00:05Penyakit Lainnya

Suhu badan anak sama dari leher hingga kaki apakah normal ?

RY
Info Penanya: RY, Wanita, 21 Tahun
Malam dok .saya mau nanya anak saya tubuhnya hangat sampai ke telepak kaki tangan pun sama peut juga sama dan suka minum terus ,itu kenapa ya dok ?sebelumnya demam udah 10 hari udah di peiksa ke dokter udah sembuh kepalanya .cuman suhu tubuhnya hangat darisampai leher, perut tangan kaki .tolong penjelasan nnya dok saya bingung ? Terima kasih .
2346 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore bu RY,Suhu badan manusia normal itu kisaran 36,0-37,5 derajat celcius. Suhu tubuh bagian luar bisa dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Suhu badan bisa menjadi lebih hangat apabila menggunakan baju tebal atau yang tidak dapat menyerap keringat. Bisa juga karena udara atau cuaca yang panas atau setelah beraktivitas fisik atau setelah makan/minum sesuatu yang panas. Kondisi dehidrasi (kekurangan cairan) juga bisa membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat.Penyebab dehidrasi :
  • Berkeringat
  • Diare
  • Muntah
  • Perdarahan
  • Infeksi
Suhu tubuh yang sama hangatnya dari leher hingga kaki merupakan tanda aliran darah lancar dan pompa darah dari jantung berfungsi dengan baik. Ditambah luas permukaan tubuh anak lebih kecil daripada orang dewasa. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh akan mengirim sinyal ke otak sehingga timbul rasa haus. Rasa haus membuat kita minum untuk mengganti kehilangan cairan tubuh. Asupan cairan yang cukup juga menyokong aliran darah yang lancar.Untuk mengukur suhu badan harus menggunakan termometer suhu badan. Bila suhu melebihi 37,5 derajat celcius maka baru bisa dikatakan demam. Demam adalah tanda perlawanan sistem imun tubuh melawan infeksi yang masuk. Suhu tubuh yang meningkat membuat kuman-kuman yang masuk melemah. Demam akan turun seiring dengan infeksi yang mereda. Jadi ibu tidak perlu khawatir selama anak aktif, mau makan dan minum, tumbuh kembang anak baik. Beri anak makan makanan bergizi serta perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur, dan protein tinggi, serta bisa diberi tambahanmultivitamin. Bila anak demam, lemas/loyo, tidak mau makan/minum, diare, mual muntah, kaki tangan dingin, sebaiknya ibu kontrol kembali ke dokter spesialis anak untuk melakukan pemeriksaan ulang.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
demamsuhu tubuhkekebalan tubuh
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil