Sugar rush pada anak, mitos atau fakta?

DH Info Penanya: DH
Dok, saya punya anak 5 tahun yang suka sekali dengan permen. Apakah ini bahaya sugar rush? Apakah sugar rush itu benar-benar ada?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DH,

Sugar rush adalah kondisi ketika mengonsumsi gula dalam jumlah banyak atau konsumsi makanan manis dalam waktu singkat. Kondisi ini pada anak akan membuat anak tampak memiliki kelebihan energi, tetapi bisa juga anak malah tampak lemas karena terlalu banyak mengonsumsi gula.

Makanan manis seperti permen memang sangat di sukai anak-anak. Tetapi konsumsi gula berlebih sendiri bisa tidak baik untuk kesehatan karena selain bisa merusak gigi juga bisa memicu terjadinya obesitas yang menjadi pemicu beragam gangguan kesehatan lain.

Untuk sugar rush sendiri ada beragam mitos yang ada seperti menimbulkan hiperaktif dan lainnya, tetapi tidak sepenuhnya benar karena telah dibantah dari sejumlah penelitian. 

Untuk menjaga agar mood anak tetap baik tidak perlu dengan memberikan konsumsi gula berlebih atau menjanjikan makanan manis lain seperti permen, tapi bisa dengan mengajarkan anak bagaimana memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi emosional yang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor keluarga merupakan salah satu penyebab lupus pada anak

Penyebab Penyakit Lupus pada Anak, Faktor Keluarga Salah Satunya

Lupus merupakan penyakit yang dapat menyebabkan pada organ tubuh, kulit, dan sendi. Penyakit ini dapat menyerang anak dan orang dewasa, namun dengan akibat yang berbeda.