Apakah tipes bisa kambuh?

SU Info Penanya: SU, Wanita
MLM doc saya mau tanya.4 bln yg lalu saya sakit tipes.obnam dipuskesmas q TDK disuntik.emg dr dulu q ga' Penh demem tinggi.yg q rasa panas di dlm.dicek lab positif tipes sampai sekarang kok sakit yg q rasa msh sama.perut nyeri lmbung kerasa gak enak,panas didlm,lidah msh putih.apa q blm sembuh doc atas apa ? Trm kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Tipes, atau dalam dunia medis dikenal sebagai demam tifoid, adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella thyposa. Gejala tipes adalah demam yang seringkali meningkat pada malam hari, disertai dengan gangguan pencernaan seperti mual, muntah, diare, maupun konstipasi.

Untuk mengetahui seseorang terkena tipes atau tidak, biasanya dilakukan pemeriksaan laboratorium dari darah. Lalu, untuk penanganannya biasanya diberikan antibiotik serta obat-obatan untuk mengurangi gejala.

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, demam dan nyeri perut yang Anda rasakan bisa saja disebabkan oleh kekambuhan tipes yang dulu. Sebuah studi mengatakan bahwa sekitar 10% penderita tipes dapat mengalami kekambuhan, terutama apabila masih sering mengonsumsi makanan yang tidak terjaga kebersihannya.

Selain tipes yang kambuh, keluhan yang Anda rasakan bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, misalnya hepatitis, kolesistisis (peradangan kantung empedu), maupun demam berdarah. Oleh karena itu, apabila ini sudah berlangsung terus-menerus selama empat bulan, disarankan periksakan secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam.

Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti laboratorium. Dengan mengetahui penyakit pastinya, dokter dapat memberikan terapi yang sesuai. 

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan makanan, dan mengonsumsi hanya makanan sehat. Perbanyak sayur dan buah-buahan, hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung pemanis buatan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan abaikan sakit perut sebelah kanan, segera ke dokter bila terasa mengganggu dan muncul berulang kali

Alami Sakit Perut Sebelah Kanan? Bisa Jadi Kanker Kolorektal

Sakit perut sebelah kanan atau kiri dianggap sepele, tetapi sebenarnya sakit perut bisa menjadi indikasi dari kemunculan kanker kolorektal. Tidak hanya sakit perut sebelah kanan, gejala kanker kolorektal lainnya dapat berupa pusing, anemia, masalah pencernaan, dan sebagainya.