Apa yang dimaksud dengan irama sirkadian?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Selamat siang dok..Saya wanita umur 18 thn..Saya mau tanya dok, kenapa saya sering susah tidur malam, tetapi kalok sehari itu tidur saya tepat waktu pasti seterusnya akan seperti itu, tapi jika saya tidur malam hari seterusnya akan seperti itu, jadi gimana menurut anda dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Irama sirkadian adalah kondisi sistem internal tubuh, yang secara alami mengatur fungsi dan kerja tubuh dalam 24 jam (sehari). Beberapa hal yang diatur oleh irama sirkadian adalah kapan jam tidur dan bangun, serta produksi hormon melatonin (hormon mengantuk).

Salah satu hal yang dapat memengaruhi irama sirkadian adalah paparan cahaya di pagi dan siang hari. Cahaya matahari akan menstimulasi otak untuk mengetahui bahwa saat itu adalah saatnya bangun. Ketika matahari mulai tenggelam dan hari menjadi gelap, otak akan mengatur agar hormon melatonin mulai diproduksi, dan rasa kantuk perlahan-lahan timbul, hingga mencapai puncaknya antara jam 8-10 malam.

Tetapi, irama sirkadian bisa terganggu dan mengacaukan jam tidur apabila:

  • Seharian berada di ruang tertutup yang tidak terkena cahaya matahari
  • Sengaja begadang untuk iseng-iseng saja
  • Bekerja pada shift malam
  • Melakukan travelling ke tempat yang berbeda zona waktu
  • Mengalami gangguan tidur di tengah malam sebelumnya

Apabila irama sirkadian terganggu dan mengalami susah tidur, usahakan Anda terkena paparan cahaya di pagi dan siang keesokan harinya. Kurangi juga kafein delapan jam sebelum tidur, dan redupkanlah lampu kamar dua jam sebelum tidur. Lakukan hal-hal tersebut beberapa hari berturut-turut agar irama sirkadian dapat normal kembali.

Apabila susah tidur masih berkepanjangan, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini ke dokter spesialis jiwa atau psikolog. Tidak disarankan hal ini dibiarkan begitu saja, karena kurang tidur kronis dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental ke depannya.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab gangguan tidur adalah insomnia.

Kenali Penyebab Gangguan Tidur Seperti Penyakit Insomia dan Cara Mengatasinya

Seperti yang diketahui, setiap orang tentu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas selama 5-8 jam. Gangguan tidur dapat membuat Anda kurang konsentrasi saat berkendara, mengurangi daya ingat, menurunkan suasana hati, dan tentunya berdampak buruk pada pekerjaan atau produktivitas.