24 Nov 2020, 14:12Kandungan

Apakah KB suntik dapat mencegah kehamilan?

S
Info Penanya: S, Wanita, 25 Tahun
halo dok.. saya mau bertanya terakhir saya haid dipertengahan bulan oktober, dan di awal november sampai mau akhir saya belum ada haid tapi ditanggal 23 november saya berhubungan dengan suami, dan suami mengeluarkan spermanya didalam... posisi itu saya belum kb. kalau saya langsung suntik kb apa bisa mencegah terjadinya kehamilan dok???
153 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo SZ,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan terjadi jika adanya pembuahan. Pembuahan terjadi melalui proses bertemunya sprema dan ovum. Jika hubungan seksual tidak menggunakan pengaman dan Anda sedang dalam masa subur, maka kemungkinan hamil besar. 

Penyebab telat haid

Telat haid yang Anda alami bisa disebakan oleh bebrapa faktor, antara lain :
  • Kehamilan
  • Perubahan hormon karena penggunaan kontrasepsi
  • Siklus menstruasi yang terganggu
  • Sress
  • Kelelahan
  • Kurang gizi 
  • Gangguan hormon tiroid karena penyakit gondongan
KB suntik tidak menjamin seutuhnya kehamilan dapat dicegah, dan KB hanya digunakan saat Anda dipastikan tidak dalam keadaan hamil.Saat Anda berhubungan seksual tanpa pengaman, Anda dapat mengkonsumsi pil darurat yang biasa disebut dengan postpil. Pil ini dikonsumsi segera setelah berhubungan seksual, maksimal 72 jam setalah berhubungan.Anda bisa melakukan pemeriksaan kehamilan mengguanakan tes urin di rumah sebelum anda berkonsultasi ke dokter atau dokter kandungan yang ada.

Cara tes urin

Cara tes urin menggunakan testpack yaitu Anda gunakan urin di pagi hari setelah Anda bangun. Pancaran urin yang pertama dibuang, pancaran kedua ditampung. Sebelum melakukan pemeriksaan, jangan berhubungan seksual atau menggunakan pembersih kewanitaan agar tidak mempengaruhi hasil pemeriksaan.Semoga bermanfaat."Salam sehat."dr. Lidya Hapsari."
kesehatan kandungansiklus haidpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil