10 Dec 2020, 16:56Kandungan

Cara membedakan perdarahan dari vagina karena kehamilan atau menstruasi

MN
Info Penanya: MN0
Sore dok saya ibu yg masih mnyusui bulan november kemarin saya haid tgl5 bersih tgl 10 tgl 11 berhubungan sekali trus smp tgl 5 sy belum haid,tp tgl 8 tiba tiba sy haid dg darah warnamerah terang cumadarahnya dipembalut g banyak banget hari ke2agak banyak tp hari ke3 sekarang cuma dikit" dok.apakah saya masih tergolong normal haidnya ato ada indikasi lain saya hamil dok.karna darah yg keluar baunya seperti klo lg haid dok.saya tunggu jwabannya y dok,sy belum testpack dok soalnya sy takut dok
406 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, M.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Saat menyusui kadang menyebabkan gangguan hormon di dalam tubuh, sehingga siklus mentruasi menjadi tidak teratur. Untuk melihat apakah Anda telat haid atau tidak, Anda dapat menghitung dari hari pertama haid terakhir Anda hingga haid selanjutnya. Jika siklus anda berkisar 21 hingga 35 hari, maka Anda tidak mengalami telat haid.

Cara membedakan perdarahan dari vagina karena kehamilan atau menstruasi

Cara membedakan perdarahan dari vagina karena kehamilan atau menstruasi antara lain :
  • Lamanya perdarahan. Durasi menstruasi sekitar 3 hingga 7 hari. Lamanya perdarahan atau flek karena implantasi janin bisa sebentar lama.
  • Jumlah perdarahan pada menstruasi banyak pada hari pertama dan kedua kemudian menjadi sedikit. Perdarahan pada kehamilan dapat hanya sedikit.
  • Perdarahan menstruasi masih dalam siklus menstruasi yang normal, peradaran karena kehamilan setelah terjadi telat menstruasi dan di luar siklus haid.
Jika Anda ingin menunda kehamilan karena jarak anak yang masih terlalu dekat, Anda dapat menggunakan KB yang tidak mempengaruhi kuantitas ASI seperti KB non hormonal yaitu KB IUD, dan kondom. Bisa juga menggunakan KB pil menyusui. Jika telat haid masih terus berlanjut hingga lebih dari 35 hari dapat disertai atau tidak dengan tanda-tanda kehamilan, Anda dapat melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack yang dijual secara bebas di apotek. Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
menyusuimerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil