Sudah suntik berulang kali kenapa masih ada ambeinnya?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 17 Tahun
Dok saya sudah suntik ambeien 3 kali tapi ketika bab masih ada benjolan pertanyanya apa saya harus suntik lagi atau ada pengobatan lainya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RR,

Benjolan pada dubur tentunya akan sangat mengganggu ketika BAB, baik berupa harus mengejan, nyeri atau sampai muncul keluhan BAB disertai dengan darah terlebih bila kotoran yang dikeluarkan keras karena tidak rutin BAB setiap hari.

Benjolan di dubur banyak kemungkinan-kemungkinannya seperti:

  1. Wasir/ ambeien. Wasir ini ditandai dengan benjolan yang akan keluar ketika BAB dengan kondisi kotoran yang keras, namun benjolan bisa masuk kembali baik dengan bantuan didorong atau masuk dengan sendirinya. Namun bila benjolan sangat besar, maka benjolan akan menetap diluar dan akan menimbulkan rasa nyeri dan berdarah ketika BAB.
  2. Kutil.
  3. Perianal hematoma.
  4. Molluscum contagiosum.
  5. Abses. Benjolan di sekitar anus yang ditandai dengan bengkak kemerahan, teraba panas, nyeri disertai dengan nanah kekuningan. Bila abses cukup besar, maka akan menimbulkan reaksi badan demam.
  6. Perianal hidradenitis supurativa.
  7. Kanker anus.

Perihal benjolan yang Anda alami, Anda perlu memastikan penyebab benjolannya agar mendapat penanganan yang sesuai.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih yang banyak minimal 2 liter setiap hari dan aktif bergerak untuk membantu melancarkan BAB Anda.

Namun ada baiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter bedah agar mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan penyebab benjolan yang Anda alami saat ini. Bila memang benar ambeien dan tidak membaik dengan suntikan, maka ada baiknya dilakukan operasi untuk membuang benjolan tersebut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak pilihan obat wasir berdarah yang bisa diambil

Ragam Obat Wasir Berdarah yang Bisa Anda Pilih

Ada banyak obat wasir berdarah, baik secara alami maupun medis, yang tersedia untuk membantu mengurangi rasa sakit dan menghilangkan iritasi yang timbul akibat wasir. Berikut berbagai ragam obat wasir berdarah yang bisa Anda pilih.