Sudah sering berhubungan tapi belum ada tanda-tanda kehamilan, kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan badan?

BK Info Penanya: BK, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, kenapa ya dok saya sudah sering berhubungan badan tapi belum ada tanda tanda kehamilan dok.Haid saya bulan 7 tgl 11 Bulan 8 tgl 7 Bulan 9 tgl 3Jadi dok kapan la waktu tepat nya melakukan hubungan badan dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bila melihat tanggalannya sepertinya menstruasi anda cukup teratur. Jadi kita bisa menggunakan sistem kalender untuk memperkirakan kapan waktu ovulasi anda. Sepertinya akan jatuh sekitar tanggal 17 September nanti. Dengan memperhitungkan usia sel telur sekitar 12-24 jam dan sperma sekitar 72 jam. Jadi waktu yang tepat untuk berhubungan tanggal 13,15,17,19,21. Jangan lupa kasih jeda sehari agar sperma dan kondisi fisik secara keseluruhan lebih optimal.

Beberapa informasi tambahan, anda bisa merasakan kalau anda sedang ovulasi. Suhu basal tubuh anda akan meningkat jadi anda akan merasa lebih "hot" dari biasanya. Saat berhubungan usahakan agar anda juga mengalami klimaks agar kondisinya memudahkan sperma membuahi sel telur. Anda juga harus mengutamakan pola hidup sehat yaitu istirahat yang cukup, berhenti merokok, kurangi kopi dan hindari alkohol. Untuk mengurangi kadar oksidan dalam tubuh agar meningkatkan kualitas sperma dan sel telur. Ada juga beberapa tips yang dapat anda baca di artikel mengenai Cara Cepat untuk Hamil.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.