Apa yang menyebabkan sudah minum pil KB namun tetap hamil?

RL Info Penanya: RL
Dokter Istri sy sudah minum pil kb sebulan penuh sampe habis tapi blom mens juga setelah di cek malah hamil dokkk... Apa yg salah yah.္္Trus efeknya sama baby dalam kandungan ada gak.?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pil KB merupakan alat kontrasepsi oral yang mengandung hormon sintesis untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dengan cara mencegah terjadinya ovulasi, dan juga membuat serviks menghasilkan lendir yang lebih sedikit, namun lebih tebal, sehingga sperma tidak mudah masuk ke dalam rahim.

Pil KB cukup efektif dalam mencegah kehamilan, namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko hamil, jika pil KB tidak digunakan dengan benar :

  • Cara menyimpan yang kurang tepat
    Simpan pil KB pada suhu kamar, dan menghindari dari udara yang lembap dan panas.
  • Tidak di konsumsi tepat waktu
    Konsumsi pil KB, sebaiknya pada waktu yang sama setiap hari. Lupa atau tidak minum pil pada waktu yang sama dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan.
  • Konsumsi bersama dengan obat atau suplemen lain
    Konsumsi pil KB bersamaan dengan obat lain, dapat membuat pil tidak efektif. Ada beberapa jenis antibiotik, obat anti tuberkulosis dan obat HIV, yang daoat menggangu keefektifan pil KB.

Sebaiknya jika Anda sudah pasti hamil dan masih mengkosumsi pil KB segera di hentikan, karena konsumsi pil KB akan menurunkan kosentrasi asam folat dan meningkatkan kosentrasi vitamin A yang dapat berakibat efek teratogenik atau kelainan pada struktur pada retina mata. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dapat berkonsultasi ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stretch mark saat hamil terjadi karena kulit mengalami peregangan

3 Tahapan Stretch Mark Saat Hamil, Apakah Anda Menyadarinya?

Stretch mark muncul pada masa kehamilan karena kulit mengalami peregangan. Sekitar 90% wanita memiliki stretch mark saat usia kehamilan bulan ke-6 atau ke-7. Pada saat hamil, perut akan terasa sangat gatal dan kencang lalu timbul garis-garis stretch mark terutama di perut dan payudara.