Sudah menikah, usia 23 tahun, telat haid 1 minggu, hasil tes negatif. Apa penyebabnya?

DW Info Penanya: DW, Wanita, 22 Tahun
Dok, saya ingin bertanya..Saya wanita sudah menikah dan berumur 23 tahun.. Disini saya mau bertanya. Saya telat hadid sudah 1 minggu. Biasanya siklus mestruasi saya cuma 29 hari. Tapi ini sampai hari 38 belum haid. Saya tes hasilnya negatif. Bagai mana ya dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sudah berapa lama anda menikah? Apakah sudah memiliki anak sebelumnya? Siklus haid memang dipengaruhi banyak hal. Dan saat ini telat 1 minggu belum menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena tidak haid sampai dengan 3 bulan belum tentu akibat suatu kondisi klinis. 

Faktor yang mempengaruhi siklus haid adalah hormon kandungan. Hormon dipengaruhi banyak hal salah satunya adalah emosi dan psikis anda. Apakah anda sedang program hamil? Karena keinginan untuk hamil dapat mengakibatkan peningkatan hormon yang menghambat menstruasi. Selain itu stres dan tekanan juga bisa mengganggu keseimbangan hormon anda. Faktor fisik seperti kelelahan, olahraga berat atau perubahan berat badan juga bisa menjadi faktor.

Usahakan agar istirahat yang cukup dan mencari kegiatan untuk relaksasi dan menenangkan diri. Bila menstruasi tidak kunjung datang setelah 1 bulan, anda bisa konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti laboratorium darah dan USG. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur wanita dipengaruhi dengan siklus haid wanita agar dapat hamil

Mungkinkan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Mencatat siklus menstruasi sangat penting, jika Anda merencanakan kehamilan atau malah menghindarinya. Lewat siklus haid, kita dapat menentukan hari-hari yang paling subur dan kemungkinan untuk hamil lebih besar. Mitos menyebutkan bahwa seorang wanita tidak dapat hamil ketika dia sedang haid.