Sudah menikah 10 bulan namun belum hamil juga

AR Info Penanya: AR, Wanita, 22 Tahun
Halo dokter..Saya Seorang Ibu Rumah tangga..Saya sudah menikah 10bulan Aktif dalan Berhubungan intim.. tapi kenapa saya Ngga hamil ya? Oh iya dok saya kemarin juga sempat Telat Mens sampai 12 Hari.. dan hari ke 13 saya mulai mens.. apakah saya ada penyakit/gangguan atau itu normal" saja? Biasanya sih kalau telat mens paling lama seminggu ini terakhir kalinya malah 12 hari.. gimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Kehamilan akan terjadi bila pasangan suami istri berhubungan intim di masa subur seorang wanita. Seorang wanita perlu mengetahui kapan masa suburnya, karena sel telur akan keluar di masa subur ini dan hal ini hanya terjadi 1 kali dalam 1 bulan. Jadi akan sia-sia bila aktif berhubungan intim namun waktunya tidak tepat. Seorang wanita perlu mencatat siklus haidnya untuk menentukan kapan masa suburnya, bila sudah mengetahui perkiraan kapan masa suburnya, maka aktif lakukan hubungan intim selama 3 hari sebelum masa subur hingga 3 hari setelah masa subur tersebut.

Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi kesuburan seseorang dan wajib dilakukan bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapat momongan :

  1. Perbanyak konsumsi makanan tinggi protein seperti kacang hijau, kacang kedelai, taoge.
  2. Istirahat cukup.
  3. Hindari stres. Keadaan stres akan memicu ketidakseimbangan hormon yang akan berakhir dengan menstruasi yang tidak beraturan.
  4. Hindari asap rokok, alkohol.
  5. Usahakan berat badan seideal mungkin.
  6. Rutin berolahraga.

Bila pola hidup sehat sudah dijalankan namun belum muncul tanda-tanda kehamilan, maka sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.