Sudah makan banyak tetapi tidak kunjung gemuk

JP Info Penanya: JP, Pria
Dok saya sudah banyak makan tapi badan saya gk gemuk2 dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JP.

Terimakasih atas pertanyaannya.

Pada prinsipnya, berat badan yang ideal dapat dicapai jika asupan kalori kita sesuai dengan kalori yang kita bakar. Jika kalori yang kita masukan ke tubuh kita lebih dari kebutuhan kalori kita (diukur dari aktivitas fisik yang kita lakukan sehari-hari), dapat terjadi kenaikan berat badan, begitu pula sebaliknya, jika kalori yang kita masukan kurang dari kebutuhan kalori kita, maka berat badan dapat berkurang.

Maka dari itu, usaha untuk penggemukan badan dapat dimulai dengan menaikan berat badan atau menaikan asupan kalori melebihi kalori perhari yang dibakar. Untuk mengidentifikasi hal ini perlu dilakukan penghitungan kalori yang lebih detail.

Namun, sebelum meningkatkan berat badan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu status berat badan Anda menggunakan metode perhitungan indeks massa tubuh. Dimana Anda dapat mengetahui kategori berat badan Anda ada dimana dan menentukan target yang ingin dicapai.

Karena Anda telah mencoba untuk makan lebih banyak, hal-hal lain yang perlu dievaluasi adalah kualitas nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi, aktivitas fisik Anda serta apakah ada hal-hal lain yang mempengaruhi, seperti metabolisme tubuh Anda, faktor keturunan (genetik), pola hidup secara umum seperti pola tidur, ada tidaknya kondisi gangguan kesehatan yang mendasari serta stres.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan : 

  • Mengonsumsi makanan kaya nutrisi, tidak sembarangan mengonsumsi makanan yang banyak tetapi yang kaya nutrisi, seperti makanan kaya lemak baik (buah alpukat, kacang almond), protein hewani yang tidak mengandung lemak jahat (ayam tanpa kulit, bagian daging yang tidak terlalu berminyak), tidak perlu makanan yang mengandung banyak gula, usahan mengonsumsi karbohidrat yang utuh (wholegrain). Serta tetap memperbanyak konsumsi sayuran.
  • Anda dapat makan dengan frekuansi 5-6 kali dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang baik, cemilan yang dianjurkan adalah buah-buahan, jus buah.
  • Tetap berolah raga rutin dan mengonsumsi cemilan dapat dilakukan setelah olah raga.

Jika setelah Anda mencoba tips-tips berikut Anda, berat badan Anda tidak kunjung berubah, Anda dapat menemui dokter Spesialis Gizi untuk berkonsultasi lebih lanjut. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan yang ideal

Ini Dia, Trik dan Cara Mudah Menjaga Berat Badan Usai Lebaran!

Berpuasa Ramadan selama sebulan penuh adalah salah satu cara terbaik untuk mengatur pola makan. Jangan sampai kebiasaan yang salah justru membuat Anda gagal menjaga berat badan ideal setelah Lebaran