Sudah hampir seminggu ini dada atas sebelah kiri saya sakit

DI Info Penanya: DI, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya.. Sudah hampir seminggu ini dada atas sebelah kiri saya sakit, buat nafaspun rasanya nyeri. Kenapa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DI,

Saya dr. anugerah akan menjawab pertanyaan dari Anda.

Nyeri dada merupakan suatu sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada bagian dada. setiap orang pasti pernah merasakan nyeri dada, baik nyeri dada ringan, sedang bahkan sampai berat. 

Nyeri dada jangan kita anggap sepeleh, apalagi di dada sebelah kiri.

Penyebab nyeri dada sebelah kiri:

  1. kram otot dada kiri. kram otot dada kiri bisa menyebabkan nyeri dada kiri, karena banyak saraf di dada. sehingga saat menarik nafas, dada terasa nyeri.
  2. benturan di dada. benturan pada dada bisa menyebabkan nyeri sampai berhari-hari.
  3. gangguan lambung. gangguan pada lambung seperti asam lambung meningkat bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri, kadang sampai terasa mual dan sampai muntah.
  4. gangguan jantung. gangguan jantung bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. perasaa seperti dada kiri ditindih benda berat dan menjalar sampai ke lengan kiri. hal ini wajib diwaspadia jika memiliki riwayat penyakit jantung
  5. gangguan paru. gangguan pada parus ebalah kiri  bisa menyebabkan nyeri dada.

Sebagai penanganan awal dirumah, bisa Anda istirahat dahulu, kurangi aktifitas berat, kompres dengan air hangat tempat nyeri nya, banyak konsumsi air putih minimal 1,8 liter perhari, perhatikan posisi tidur, hindari merokok, dan makan makanan yang bergizi dan berprotein.

Jangan dianggap sepeleh nyeri dada sebelah kiri, sebaiknya rencanakan periksa langsung ke spesialis penyakit dalam agar tau diagnosis pasti penyebab nyeri dada sebelah kiri.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Anugerah

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rutin olahraga untuk jantung sehat dan tubuh selalu bugar.

Tips Latihan yang Efektif untuk Menyehatkan Jantung

Tubuh yang mudah lelah bisa disebabkan karena Anda kurang melatih jantung. Cobalah mulai olahraga untuk jantung agar sehat dan kuat.