15 Mar 2021, 22:47Penyakit Lainnya

Sudah 37 tahun tapi masih sering ngompol

SY
Info Penanya: SY0
Halo dok, saya sudah menikah umur 37th belum memiliki anak. Dok saya sampai saat ini masih sering mengompol. Tapi selalu disebabkan mimpi terutama saat tidur tengah malam. Seminggu bisa 3-4x. Apakah ada kelainan dengan kemih saya. Dan jika saya ingim brobat sebaiknya periksa ke dokter apa. Terimakasih.
157 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SY.Mengompol adalah proses berkemih yang tidak disadari, dan kerapkali terjadi pada saat tidur. Pada anak-anak, proses ini dianggap wajar selama beberapa tahun pertama karena anak belum mengenal sinyal untuk buang air kecil. Namun, seiring bertambahnya usia, idealnya buang air dirasakan secara sadar dan tidak lagi mengompol.Mengenai keluhan Anda, apabila Anda sering bermimpi sesuatu dan kemudian mengompol, kemungkinan besar ada suatu kondisi yang menyebabkannya. Beberapa di antaranya, misalnya:
  • terlalu banyak konsumsi air putih di malam hari
  • terlalu banyak konsumsi teh dan kopi
  • infeksi saluran kemih
  • gangguan saraf tertentu
  • diabetes mellitus
  • sembelit, yang menyebabkan tertekannya kandung kemih oleh feses yang tertumpuk
Untuk sementara, Anda dapat mencoba untuk mengurangi konsumsi air putih setelah jam 7 malam. Upayakan tetap memenuhi kebutuhan air putih per hari (1.5-2.5 liter), namun perbanyak minum di pagi dan siang hari. Batasi juga minuman yang mengandung kafein, ya.Lalu, lakukan teknik relaksasi seperti mendengarkan musik yang menenangkan atau meditasi sebelum tidur. Hal ini dapat membuat tidur lebih nyenyak dan fase mimpi berkurang (mengingat Anda mengompol pada saat mimpi).Apabila dengan tips-tips di atas keluhan tak kunjung membaik, periksakan ke dokter spesialis urologi. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencingsaluran kemihinkontinensia urine
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil