Sudah 7 tahun mengidap penyakit vitiligo

A Info Penanya: A, Pria, 39 Tahun
dokter saya sdh 7 tahun penyakit vitiligo obat nya apa dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Kelainan pigmen kulit dapat timbul dimana salah satunya adalah vitiligo atau suatu kondisi dimana hilangnya pigmentasi pada kulit dapat timbul diseluruh permukaan kulit terutama pada wajah, leher atau tangan. Penyebab vitiligo adalah gangguan sistem kekebalan tubuh, faktor genetika, paparan matahari, paparan zat kimia, ataupun kondisi psikis.

Vitiligo sendiri tidak dapat disembuhkan secara total tetapi penanganan dilakukan untuk mencegah komplikasi, memperbaiki warna kulit dan mengurangi penyebaran vitiligo. Penanganan dilakukan dengan pemberian obat atau krim dan juga dikombinasikan dengan fototerapi menggunakan laser ataupun dengan penembakan sinar ultra violet A. Beberapa cara lain yang juga dapat dilakukan untuk menyamarkan kondisi kulit yang mengalami perubahan warna kulit seperti dengan penggunaan kosmetik atau cara terakhir dengan depigmentasi atau menjadikan seluruh kulit menjadi putih dengan menghancurkan melanosit atau pigmen kulit yang tersisa pada kulit.

Penting juga untuk memiliki keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kondisi ini tidak menghambat Anda untuk tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dan konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk penanganan lebih lanjut sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika kondisinya parah, kulit tangan mengelupas bisa saja memicu penurunan rasa percaya diri

9 Penyebab Kulit Tangan Mengelupas: Faktor Lingkungan Hingga Penyakit

Kulit tangan mengelupas umumnya bukan disebabkan oleh masalah kesehatan serius. Misalnya karena terlalu sering mencuci tangan, faktor iklim, mengisap jari, dan lain-lain.