Sudah 6 tahun lepas KB suntik teatpi belum juga hamil

KH Info Penanya: KH, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya...Sudah 6 tahun lebih istri saya lepas KB suntik,tapi sampai sekarang saya istri saya belum juga hamil,saya sudah memiliki 1 anak perempuan usia 11 tahun,dan rencana untuk pujya anak kedua,Pada 2013 saya pernah mengalami kecelakaan motor,dan patah tulang tangan,2015 saya kembali mengalami kecelakaan yang sama,Yang ingin saya tanyakan apakah ada kaitan nya kecelakaaan /patah tulang yang saya alami dwngan kesuburan saya,ataukah memang pengaruh KB suntik?usia saya saat ini 38 dan istri 36.Terima kasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KH,

KB suntik memang memerlukan waktu untuk bisa kembali subur tetapi tidak sampai bertahun-tahun. Untuk itu ada baiknya dilakukan pemeriksaan baik Anda dan juga pasangan agar diketahui apa yang menjadi penyebabnya dan segera dilakukan program hamil sesuai dengan kondisi Anda dan pasangan.

Kecelakaan motor dan patah tangan sendiri tidak berpengaruh dengan kesuburan secara langsung tetapi jika ada rasa cemas, trauma atau kekhawatiran yang menetap yang menimbulkan gangguan psikis dapat berpengaruh pada kesuburan seperti mempengaruhi kualitas seksual pria. Ada beragam penyebab kesulitan hamil baik dari sisi pria ataupun wanita. Sehingga penanganan nantinya akan disesuaikan dari penyebab masalah yang timbul.

Perhatikan siklus menstruasi dan masa subur istri Anda agar membantu usaha untuk kembali hamil dengan melakukan hubungan seksual terutama saat masa subur dan jika masih belum juga hamil dapat segera memeriksakan diri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.