Siklus mentruasi berubah, apakah mungkin bisa hamil?

RM Info Penanya: RM, Wanita, 23 Tahun
halo dok, dibulan februari sya berhubungan trus bbrp hari sya mengalami haid, dibulan depannya bulan maret sya jg kembali haid normal spt biasa sesuai jadwalnya. tp dibulan ini saya lebih sering lapar, pusing dan lebih sering buang air kecil dok. apakah ada kemungkinan hamil ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi wanita pada umumnya adalah 28 hari, tetapi ada juga yang 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar. Jika menstruasi dibawah 21 hari atau diatas 35 hari, maka dapat dikatakan gangguan menstruasi. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan siklus menstruasi pada wanita, yaitu stres, kelelahan fisik, berat badan yang tidak ideal, pola makan yang buruk, kehamilan, penggunaan KB, kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, dll.

Gejala yang Anda alami ini bisa saja merupakan gejala kehamilan, tetapi bisa juga tidak. Sebaiknya untuk memastikan Anda hamil atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan testpack. Jika hasil testpack positif, maka Anda hamil. Jika hasil testpack negatif, maka kemungkinan penyebab gejala Anda ini yaitu karena perubahan hormon, stres, kecapekan, kurang istirahat, dll. Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi obat paracetamol atau ibuprofen, konsumsi vitamin C, makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan konsumsi air putih yang rutin. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi

Proses Pembentukan Sel Telur, Apa yang Terjadi Jika Tidak Dibuahi?

Proses pembentukan sel telur atau oogenesis terjadi di dalam kelenjar reproduksi. Setelah proses pembentukan sel telur tuntas dan memasuki masa ovulasi, pembuahan bisa terjadi.