Sudah 1 minggu merasa tidak enak badan dan kedinginan

KR Info Penanya: KR, Wanita, 25 Tahun
Saya sudah 1 Minggu ini merasa badan ga enakMerasa badan kadang kedinginan,pusing,diisi makanan rasa mau muntah terus makan tidak bisa makan terlalu banyak,perut merasa penuh,pinggang terasa pegalKenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore KRS,

Keluhan muntah-muntah disertai keluhan lain yang timbul apabila sudah berlangsung selama 1 minggu ada baiknya untuk diperiksakan langsung pada dokter untuk memastikan penyebabnya. Beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya diantaranya adalah:

  • Infeksi saluran pencernaan
  • Diare
  • Efek obat tertentu
  • Demam tifoid
  • Stres
  • Keracunan makanan
  • Kehamilan
  • Gangguan organ lain seperti gangguan hati atau gangguan ginjal

Yang paling utama saat ini adalah mencegah terjadinya dehidrasi dengan memperbanyak minum air putih atau minuman elektrolit seperti oralit, konsumsi makanan yang lebih mudah dicerna, mengonsumsi obat anti muntah, hindari makanan yang bisa memicu muntah, mengonsumsi jahe atau makanan tawar dan tidak berbau menyengat. 

Jika disertai demam, makin kesulitan untuk mendapat asupan makanan atau cairan, timbul tanda kekurangan cairan maka perlu untuk segera memeriksakan diri pada dokter agar segera diketahui penyebabnya dengan dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, tes urine, USG ataupun pemeriksaan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips aman berkendara saat mudik adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan

Ini Dia, 6 Tips Aman Berkendara Agar Tidak Lelah Saat Mudik Tiba!

Tips aman berkendara adalah dengan tidur cukup sebelum memulai perjalanan mudik Anda. Namun, tidur cukup tidak hanya menjadi satu-satunya tips aman berkendara saat mudik. Kenali juga tanda tanda sergapan rasa lelah seperti melamun, sering menguap, dan menggosok mata.