Suara serasa tertekan dan gemetaran

DS Info Penanya: DS, Wanita, 16 Tahun
Dok saya punya teman, saat dia sedang berbicara suaranya serasa tertekan, dan saat bicara kencang suara nya gemetaran dok itu kenapa ya dok? Soalnya baru sekitar 3 bulan dia sembuh dari radang tenggorokan nya, ini efek setelahnya dari radang, atau penyakit lain ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DS,

Gangguan pada saat berbicara atau produksi suara dapat ditimbulkan oleh beberapa hal seperti misalnya adanya radang pada laring atau tenggorokan yang lebih dalam dimana terdapat pita suara. Selain itu juga bisa karena kondisi lain seperti misalnya nodul pita suara atau adanya tonjolan yang tumbuh di pita suara, ataupun pembengkakan pita suara.

Kondisi ini bisa timbul karena beragam hal mulai dari infeksi, iritasi asam lambung, reaksi alergi, kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol, biasa berteriak atau bersuara lantang sehingga otot tegang, gangguan kelenjar tiroid dan penyebab lainnya.

Untuk itu ada baiknya menyarankan teman Anda tersebut untuk diperiksakan pada dokter spesialis THT agar memastikan penyebabnya karena jika tidak ditangani dengan baik dapat memungkinkan keluhan bisa menetap ataupun menimbulkan kerusakan pada pita suara. Pengobatan sendiri akan disesuaikan dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak semua tenggorokan terasa mengganjal indikasi penyakit serius

Tenggorokan Terasa Mengganjal? Jangan Anggap Sepele

Tenggorokan terasa mengganjal adalah indikasi dari suatu gangguan tertentu. Terkadang tenggorokan terasa mengganjal tidaklah serius, tetapi bisa jadi hal tersebut merujuk pada adanya cedera di pita suara yang memerlukan penanganan medis.