Suara serak 3 tahun padahal harus banyak bicara

D Info Penanya: D, Wanita, 49 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya...suara saya serak sdh hampir 3thn ini padahal saya menjadi bunda paud yg mengharuskan banyak bicara.Sy sudah di rongent tp kata dokter baik" sajaSampai sekarang masih juga belum kembali semula suara saya..bagaimana solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam D

Suara serak dapat menjadi tanda masalah pada laring dan pita suara. Baik akibat infeksi, radang, kista atau tumor pada laring dan pita suara. Untuk mengetahui penyebab masalah pada laring biasanya dokter akan melakukan laringoskop untuk melihat kondisi laring dan pita suara anda.

Jika terdapat infeksi dan peradangan (laringitis) biasanya akan terdapat keluhan suara serak disertai batuk dan nyeri menelan. Sementara itu jika laring dan pita suara terdapat tumor atau kista biasanya kehilangan suara dan benjolan pada leher sering ditemukan

Jika suara serak maka sebaiknya jangan berbicara dengan keras, anda juga harus lebih banyak mengkonsumsi air putih, hindari makanan panas dan pedas. Apabila suara serak akibat laringitis atau infeksi biasanya dengan pemberian antibiotik dan antiinflamasi dapat memperbaiki gejala, namun jika akibat adanya kista atau tumor maka perlu dilakukan evaluasi lanjutan seperti eksisi biopsi. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis THT, kemungkinan prosedur endoskopi dan laringoskopi perlu dilakukan. 

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkumur dengan air garam, bisa dijadikan sebagai cara mengembalikan suara yang hilang.

7 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang Akibat Laringitis

Suara hilang akibat penyakit laringitis, memang menjengkelkan. Apalagi, kalau ada pekerjaan atau aktivitas lain yang membutuhkan suara Anda. Namun tenang saja, ikuti cara mengembalikan suara yang hilang ini, agar suara bisa kembali seperti sedia kala.