suara ngi dan GERD disertai mudah lelah dan feses hitam terkadang berdarah

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 2019 Tahun
Saya alami gerd disertai telinga terdengar suara ngi tapi tidak menggu tidur dan aktifitas saya terlebih pendengaran, mudah lelah, terlebih khusus untuk fases saya mengecil dan akhir akhir ini berwana hitam kadang berdarah dari total saya sakit sudah 1 bulan lebih.... Thx Dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RM

Kondisi bunyi telinga Ngi disebut sebagai tinistus, biasanya disebabkan oleh beberapa penyakt telinga seperti infeksi telingan luar dan dalam, tumor di saluran nafas atas, penyakit meniere, gangguan anak siput telinga atau efek gangguan saraf dan pembuluh darah. Untuk masalah ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis telinga hindung dan tenggorokan (THT)

Untuk masalah GERD atau gastroesophageal reflux disease ini terjadi akibat pelemahan katub sphingter esofagus dan lambung membuat sehigga asam lambung mengiritasi saluran esofagus membuat luka disertai nyeri ulu hati, lemas, mual dan muntah, perut kembung dan yang paling buruk dapat membuat baret esofagus yang menjadi faktor resiko kanker esofagus. 

Selain itu anda juga memiliki keluhan BAB hitam dan terkadang berdarah, hal ini mungkin sudah didapatkan perdarahan akibat cedera mukosa esofagus, lambung atau pada usus. Penyebabnya dapat akibat infeksi Helicobacter pilory, asam lambung tinggi yang mengiritasi saluran makan atau terdapat keganasan saluran cerna. Kelemahan pada tubuh juga akibat kehilangan darah atau anemia dari perdarahan yang anda alami.

Sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam, mungkin perlu menjalani endoskopi dan kolonoskopi

Salam sehat 

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada pencernaan umumnya bisa memicu geala perut terasa panas

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas hanyalah salah satu gejala dari berbagai macam gangguan kesehatan yang bisa terjadi di saluran pencernaan. Anda perlu mewaspadai dan mengobatinya agar perut panas dan gejala mengganggu lainnya tidak terus mendera Anda.