Apakah normal mendengar suara detak jantung sendiri?

AE Info Penanya: AE, Pria, 19 Tahun
Apakah normal kalau mendengar suara detak jantung saat tidur menyamping ? atau itu hanya merupakan bunyi aliran darah yang normal
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, AE.

Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang penting. Fungsi jantung adalah untuk memompa darah kaya oksigen ke seluruh tubuh, sehingga suplai oksigen bagi seluruh organ terpenuhi. Dalam satu menit, normalnya jantung memompa darah sebanyak 60-100 kali. Frekuensi ini dikenal juga dengan nama detak jantung.

Untuk mendengarkan detak jantung dengan baik, diperlukan alat yang bernama stetoskop. Tetapi, apabila Anda berada di ruangan yang sangat hening sambil berbaring menyamping (terutama menghadap ke kiri), terkadang detak jantung tersebut dapat terdengar tanpa alat, dan hal tersebut normal.

Namun, apabila detak jantung yang terdengar disertai dengan keluhan lain, seperti nyeri atau sesak napas, bisa saja ada pembesaran jantung. Beberapa penyakit yang menyebabkan pembesaran jantung adalah gagal jantung, hipertensi, serta kardiomiopati. Oleh karena itu, apabila ada gejala tersebut, segera periksakan ke dokter spesialis jantung, ya.

Akhir kata, selalulah jaga kesehatan jantung dengan mengurangi konsumsi makanan yang berlemak jenuh. Konsumsi air putih yang cukup agar aliran darah lancar, serta rutinlah berolahraga dan beraktivitas fisik sehari-hari. Jangan lupa, kendalikan tingkat stres, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AN*
07 Jul 2020, 22:46
sjadklasjkasdhkashdaksdhlashdksadhksalhdkasldhdasklhdaslkd
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serangan jantung ringan diakibatkan oleh penyakit jantung koroner

Berikut Tips Menghindari Serangan Jantung Ringan yang Berakibat Fatal

Serangan jantung ringan diakibatkan oleh penyakit jantung koroner. Untuk menghindari serangan jantung ringan ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti berhenti merokok, berolahraga secara rutin, mengontrol tekanan darah, dan mengendalikan kadar kolesterol.