Suara bisikan di telinga yang mengganggu pikiran

SN Info Penanya: SN
Hallo dok, dari bulan november sampai saat ini saya sering mendenger bisikan bisikan, bisikan itu terdengar ketika saya sendiri atau ketika saya sedang berinteraksi dengan banyak orang. Terdengar banyak sekali yg berbicara mereka bilang "kamu tidak berguna" "teman teman kamu gak ingin kamu ikut main sama mereka" "kamu bunuh diri saya " "lukai saja dirimu dengan pergatis besi atau gunting" (ketika saya dikamar meilihat gunting dan penggaris besi)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Halusinasi auditorik adalah suara bisikan yang bisa timbul dimana bisa seperti memerintahkan untuk melakukan suatu hal. Sering kali halusinasi auditorik, memberikan suara-suara atau perintah untuk menyakiti diri ataupun membuat kita menjadi merasa paranoid atau ketakutan.

Jika sering kali mengalami hal seperti:

  • Terasa takut dan terancam
  • Sulit untuk membedakan mana yang suara yang nyata atau tidak

Ataupun terjadi gangguan lain seperti:

  • Lebih menarik diri dari lingkungan
  • Merasa tidak ada gairah
  • Merasa sering takut dan cemas
  • ataupun juga perubahan keseharian jadi lebih sering menyendiri

Ada baiknya menceritakan hal ini pada orang yang dipercaya ataupun orang terdekat. Perlu juga untuk menceritakan pada orang tua misalnya agar bisa diantar memeriksakan diri pada dokter spesialis jiwa untuk dilakukan wawanca psikiatrik atau pemeriksaan lebih dalam agar mengetahui apa kondisi yang dialami karena hal ini bisa merupakan masalah kesehatan mental.

Nantinya akan dilakukan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan untuk mengatasi gejala yang timbul. Tidak jarang kondisi ini selain dipicu oleh kondisi beban pikiran, bisa juga karena gangguan aktivitas atau hormonal otak sehingga butuh penanganan segera. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Depresi postpartum yang tepat perlu dilakukan dengan kerjasama dari keluarga.

Cara Mengatasi Depresi Postpartum oleh Dokter Maupun Secara Alami

Depresi postpartum atau depresi pascapersalinan, jika tidak segera diatasi, bisa berkembang menjadi kondisi psikosis yang dapat membahayakan nyawa.