Suami keluar darah dan merasakan nyeri saat berhubungan, apa penyebabnya?

LA Info Penanya: LA, Wanita, 20 Tahun
hollo dok,saya ingin bertanya, suami saya kalau berhubungan ada keluar darah, dan dia meraskan sangat perih saat berhubungan . gimana cara mengobati dan apa pebyebab nya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LAS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Darah dari penis walaupun tidak ada gejala lain perlu pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Urologi (saluran kemih). Penyebabnya bisa bervariasi dari yang ringan seperti terlalu banyak olahraga, hingga kondisi medis yang lebih serius. Kemungkinan besar untuk mengatasinya hanya memerlukan antibiotik bila penyebabnya adalah infeksi.

Jika ada gejala demam atau sakit, sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium atau radiologi sesuai instruksi dari dokter yang mengevaluasi kondisi suami anda. Bisa terjadi suatu sumbatan akibat batu saluran kemih, peradangan di saluran sperma atau gangguan prostat. Anjurkan suami anda untuk minum air putih minimal 2 liter tiap harinya dan jangan terlalu lama menahan kencing. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.