19 Jul 2021, 12:53Penyakit Lainnya

Suami istri positif COVID bolehkah berhubungan intim ?

SL
Info Penanya: SL, Wanita, 21 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya, jika suami istri positif COVID, apakah boleh melakukan berhubungan intim? Adakah efek sampingnya?
1543 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, Sl.Hubungan intim dapat memuaskan kebutuhan biologis antar pasangan. Hubungan intim juga merupakan cara untuk meredakan stress, merilekskan otot, membuat kualitas tidur lebih baik, menghasilkan keturunan, meningkatkan keharmonisan rumah tangga.

Apakah boleh suami istri positif covid, berhubungan intim?

Saat suami istri positif covid, hendaknya menghindari hubungan seksual terlebih dahulu karena risiko penularan sangat besar apalagi Anda melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan masker, diawali berciuman, menyentuh muka, mata dan mulut pasangan.Walau Anda berdua positif covid, Anda tidak tahu yang mana diantaranya sudah mulai sembuh dan mana yang masih menularkan. Jadi sebaiknya tahan hawa nafsu hingga isolasi mandiri selesai dan Anda tidak menimbulkan gejala apapun.Saat Anda sudah selesai isolasi mandiri selama 10 hari dan tanpa gejala, Anda tidak perlu melakukan swab antigen atau PCR kembali karena sudah dinyatakan sembuh.Namun untuk berhubungan seksual sebaiknya tetap menggunakan masker, pilih posisi yang membuat Anda dan pasangan nyaman, hindari berciuman, memegang muka pasangan. Namun jika Anda masih bergejala dan tidak tahan untuk melakukan hubungan sekual, Anda bisa melakukan masturbasi atau onani untuk sementara waktu.Jaga imun tubuh Anda agar penyembuhan covid jauh lebih cepat. Konsumsi berbagai vitamin termasuk vitamin D, vitamin C, zink, obat sesuai gejala dan konsultasi ke dokter spesialis paru.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr.Lidya Hapsari.  
manfaat hubungan sekscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil