Suami dulu sering memakai obat-obatan dan sekarang tubuhnya kurus, bagaimana badan bisa berkembang lagi?

EN Info Penanya: EN, Wanita, 19 Tahun
Slmat malam dok, jadi gini suami saya dulu sering konsumsi obat"an dan skrng tubuhnya semakin kecil sampe kelihatan tulng"nya . jadi gimna caranya agar bekas obat"an yg dulu bersih dari tubuh dan badan bisa berkembang lagi ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, EN

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol memiliki pengaruh jangka panjang pada metabolisme, fungsi organ, berat badan dan kesehatan mental. Menjadi faktor resiko timbul kanker, diabetes, penyakit jantung, kerusakan organ lainnya dan kerusakan otak.

Metabolisme terganggu dalam artian bagaimana tubuh memproses makanan untuk menghasilkan nutrien dan energi. Nutrien seperti glukosa dibutuhkan sebegai sumber tenaga, perbaikan dan pertumbuhan sel. Pembentukan nutrien tersebut terpengaruh oleh penyalahgunaan obat.

Tubuh kesulitan menemukan energi dan nutrien karena menurunnya tingkat efisiensi organ. Pengaruh ke otak adalah kerusakan fungsi kognitif sehingga pecandu tidak memiliki selera makan. Biasanya setelah beberapa lama sebagian besar metabolisme akan kembali dan berat badan bisa bertambah.

Pastikan dulu sudah berapa lama suami Anda berhenti dan apakah betul sudah berhenti? Kemudian lakukan pemeriksaan keseluruhan fungsi organ tubuh suami Anda. Dari fungsi ginjal dan fungsi liver dengan pemeriksaan laboratorium darah dan pemeriksaan urine untuk melihat apakah masih ada kadar obat-obatan tersebut pada suami Anda. Biasanya setelah 1-2 bulan hasil urine sudah negatif. Berikut artikel mengenai efek penggunaan sabu pada otak yang bisa dibaca.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terdapat bermacam-macam narkoba yang beredar di Indonesia dalam bentuk dan efek berbeda-beda.

Ketahui Macam-Macam Narkoba Berdasarkan Efeknya

Umumnya narkoba di masyarakat adalah ganja, sabu, ekstasi, kokain, dll. Berdasarkan efeknya, narkoba terbagi 3 macam, yaitu stimulan, depresan, dan halusinogen.