15 Sep 2021, 00:06Psikologi

Terbesit pikiran untuk melukai diri sendiri, apakah termasuk gejala depresi ?

AE
Info Penanya: AE0
Dok, sudah lebih dari 1 minggu saya tidak ingin tidur malam harinya. Saya juga merasa semakin enggan bersosialisasi. Sewaktu-waktu muncul keinginan untuk menangis dan berteriak. Tapi pada akhirnya saya tidak melakukan keduanya. Kadang juga terbesit pikiran untuk melukai diri sendiri. Jadi apa yang harus saya lakukan dok?
137 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, A.Masa pandemi adalah masa-masa sulit untuk sebagian besar orang dimana kita yang seharusnya menikmati kehidupan dengan berjalan-jalan, wisata, menonton bioskop, dipaksa untuk tetap di rumah, menjalani semua kegiatan hingga muncul rasa jenuh.

Terbesit pikiran untuk melukai diri sendiri, apakah saya depresi ?

Sudah lebih dari 1 minggu Anda tidak ingin tidur malam hari. Anda juga merasa semakin enggan bersosialisasi. Sewaktu-waktu muncul keinginan untuk menangis dan berteriak. Tapi pada akhirnya Anda tidak melakukan keduanya. Kadang juga terbesit pikiran untuk melukai diri sendiri, ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Depresi.
  • PTSD.
  • Stress.
Semua penyebab di atas dapat dipicu oleh kehilangan pasangan, dikhianati orang terkasih, masalah pekerjaan, masalah dengan keluarga, menjadi korban yang dibully, tekanan dari lingkungan.Jika Anda sedang menghadapi berbagai masalah, Anda boleh menangis, boleh berteriak, boleh merasa sedih. Namun jangan berlebihan, Anda harus bangkit, belajar menghadapi masalah, belajar dewasa. Coba membuka diri, bercerita dengan orang lain yang Anda percaya baik orangtua, teman atau keluarga. Mengisi waktu luang dengan olahraga, menonton film yang Anda suka, makan makanan favorite, mendengar musik. Namun jika Anda tetap merasa depresi, bahkan ingin melukai diri sendiri, Anda harus konsultasi ke dokter psikiater.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipenyebab depresipost traumatic stress disorder (PTSD)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil