Lemas dan pikiran kosong, apa ini stroke?

RA Info Penanya: RA
Dok..saya mau tanya ibu saya 4 bulan yg lalu mengalami struk ringan efek tensi darah yang tinggi dan sekarang ada gumpalan darah di Batang otaknya...dan saat ini dia merasa badan lemes dan pikiran kosong dan tidak ingat apa2 setelah bangun tidur..apa kan ada obat untuk pengencer darah dan bagai mana solusiny..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RA,

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Stroke ringan atau sering disebut dengan istilah transient ischemic attack (TIA) adalah suatu keadaan dimana aliran darah ke otak mengalami interupsi sesaat. Sedangkan stroke adalah salah satu keadaan darurat medis yang disebabkan oleh adanya permasalaah aliran darah ke otak sehingga sel-sel otak tidak mendapatkan asupan darah yang cukup dan mengakibatkan kerusakan pada sel otak.

Penyebab utama seseorang mengalami penyakit stroke adalah pecahnya pembuluh darah di otak (stoke hemoragik) atau sumbatan pada pembuluh darah otak (stroke iskemik/stroke non hemoragik). Gejala dari stroke tergantung dari bagian otak yang terkena, namun secara umum gejala dari stroke ini adalah mengalami kelemahan anggota gerak, wajah mengot, bicara pelo, kebingungan, dan terjadi secara tiba-tiba.

Adapun kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya stroke iskemik adalah:

Terkait dengan pertanyaan Anda, ada kemungkinan ibu Anda mengalami stroke, apalagi mengingat ibu Anda memiliki riwayat stroke ringan dan hipertensi. Untuk itu disarankan untuk segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk dikonsultasikan dengan dokter spesialis saraf agar segera mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai dengan kondisi ibu Anda.  

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?