Bagaimana cara mengobati kelemahan tubuh bagian kanan, pada pasien stroke?

MA Info Penanya: MA, Pria, 22 Tahun
Mohon maaf dok saya ingin bertanya, ayah saya mengalami stroke pada bagian sebelah kanan tubuh. Sudah 4 hari dok. Pada 2 hari pertama tangan sebelah kanan tidak bisa di gerakkan sama sekali namun kaki masih bisa walaupun sedikit. Pada hari ketiga kaki sudah mulai bisa banyak di gerakkan. Pada hari ke 4 sudah bisa berdiri dan berjalan pelan tangan juga sudah bisa di gerakkan. Namun kalau malam kaki sering sakit yg hilang timbul, apa cara peyembuhannya dan apakah ayah saya bisa pulih kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Suatu keadaan ketika salah satu sisi tubuh mengalami kelemahan sehingga sulit digerakkan dalah istilah medis biasa disebut dengan hemiparesis. Keadaan ini ini umumnya dialami oleh penderita stroke

Hemiparesis berasal dari kata ‘hemi’ yang berarti satu sisi, dan kata ‘paresis’ yang berarti kelemahan. Anggota tubuh yang terkena dampak hemiparesis biasanya adalah tangan, lengan, dada, tungkai kaki, dan otot-otot wajah. Kondisi ini bisa terjadi pada sebelah kanan saja atau sebelah kiri saja.

Gejala yang dialami biasanya adalah kesulitan berjalan, kelelahan otot, sakit kepala, sulit meraih atau memegang objek atau benda, koordinasi gerak yang terganggu. Sehingga pada pasien hemiparesis mengalami kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari, misalnya berdiri, berjalan, makan, berbicara, berpakaian, bahkan saat menggunakan toilet. 

Penanganan yang tepat dapat mengembalikan kekuatan sisi tubuh yang mengalami kelemahan. Metode yang dapat dilakukan terapi medis dengan obat-obatan, fisoterapi, terapi okupasi, terapi rehabilitasi, psikoterapi, dan operasi jika diperlukan. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter syaraf dan dokter rehabilitasi medik mengenai terapi yang tepat untuk kondisi ayah Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tangan kebas sebelah kiri bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu

Tangan Kebas Sebelah Kiri, Penyebabnya Tak Hanya Serangan Jantung

Tangan kebas sebelah kiri bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada banyak penyebab di balik kondisi tersebut, dari yang ringan hingga berat.