Apakah stroke hemoragik itu?

SR Info Penanya: SR, Wanita, 19 Tahun
Selamat siang, mau bertanya. Sekitar hampir sebulan yg lalu ayah saya masuk rs dengan diagnosis stroke hemoragik lalu operasi. Sekarang sudah dirumah sempat beberapa minggu yg lalu perdarahan karena kateternya ketarik, terus dilepas. Setelah itu mulai sering demam. Kadang demamnya cuma ketika malam hari. Dan 2 hari belakangan jadi jarang bicara, hanya tidur saja, makan dan obat susah, sering tersedak, mulutnya semula tidak miring jadi miring. Harus ba.gaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SR

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

Stroke adalah suatu kondisi dimana pasokan aliran darah ke otak berkurang, bisa karena adanya sumbatan ataupun penyempitan pada pembuluh darah otak (iskemik), bisa juga karena pecahya pembuluh darah pada otak (hemoragik).

Pada stroke hemoragik yang terjadi pecahnya pembuluh darah pada otak, darah menumpuk ada area sekitar pembuluh darah otak yang pecah.Kondisi ini menyebabkan adanya peningkatan tekanan pada otak dan juga menyebabkan area sekitarnya mengalami kehilangan banyak darah.

Adapun beberapa gejala yang muncul pada stroke hemoragik adalah:

  • Kehilangan kesadaran
  • Mual atau bahkan muntah
  • Nyeri kepala hebat
  • Mati rasa pada wajah, kaki dan atau tangan
  • Kehilangan keseimbagan
  • Kejang
  • Disorientasi, tampak bingung
  • Sulit untuk berkomunikasi
  • Bicara pelo, wajah tampak tidak seimetris, lemah pada salah satu sisi tubuh dan atau keduanya

Terkait dengan pertayaan Anda, bila sudah pernah menjalani tindakan operasi dan saat ini sudah menjalani perawatan di rumah dan mengalami penurunan kesadaran, wajah tidak simetris dan juga sering tersedak segera kunjungi IGD Rumah Sakit terdekat. Untuk dilakukan penatalaksaan yang sesuai dengan kondisi Ayah Anda dan segera ditangani oleh dokter dan tim medis.

Semoga beranfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terputusnya peredaran darah ke otak menyebabkan stroke ringan yang dapat berkembang menjadi stroke

Seusai Stroke Ringan: Cara Mengobati Stroke Ringan

Stroke ringan bisa disembuhkan! Cara mengobati stroke ringan meliputi pengobatan dan pergantian pola hidup. Apa yang harus dilakukan seusai stroke ringan?