Stroke dan sebagian tubuh kanan tidak bisa digerakkan. Bagaimana solusinya?

YA Info Penanya: YA
Begini dok sya mau tanya kira" obat cina herbal apa yang ampuh untuk penderita struk ringan, keluhannya itu hanya tubuh bagian kanan saja yang tdk bisa digerakka separuh badan dok, tapi kalau dipijat masih bisa dirasa hanya saja tidak bisa digerakkan, kira" bagaimana solusinya tuh dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, YAH

Stroke selain penyakit yang mematikan (mortalitas tinggi) tapi juga penyakit yang membuat gejala sisa kelumpuhan pada penderitanya. Mengapa demikian, karena stroke berpengaruh pada pembuluh darah otak. Bisa stroke jenis sumbatan atau jenis perdarahan. Daerah otak yang diberi makan oleh pembuluh darah yang terkena stroke, akhirnya tidak mendapat darah sehingga terjadi kerusakan. Sayangnya sel otak tidak bisa tumbuh kembali. Dalam waktu beberapa menit daerah yang tidak mendapat oksigen akan mati dan rusak permanen. Dan bila tubuh kanan yang lumpuh maka terjadi gangguan di otak sebelah kiri.

Bagaimana solusinya, hanya bisa dilakukan fisioterapi untuk mengurangi gejala kelumpuhan walaupun bisa kembali seperti semula sebelum stroke sangat sulit. Sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf dan menjaga pola hidup yang sehat agar tidak terkena stroke kembali. Pola hidup sehat seperti tekanan darah, gula darah dan kolesterol harus normal. Kemudian stop merokok, kopi dan minuman beralkohol. Lakukan fisioterapi secara teratur agar dapat mengembalikan sedikit fungsi dari anggota tubuh yang lumpuh. Obat herbal tidak saya sarankan karena tidak diketahui apa saja isinya dan tidak ada dasar penilitiannya. Karena bisa berefek samping yang berbahaya untuk pasien. Saya lampirkan artikel mengenai Perbaikan Sel Saraf Pasca serangan Stroke dengan Terapi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stroke memiliki dua jenis berdasarkan penyebanya, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.

Bagaimana Pengaruh Stroke Terhadap Tubuh Manusia?

Stroke terjadi ketika ada bagian otak yang tidak mendapatkan oksigen. Stroke memiliki dua jenis berdasarkan penyebanya, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik.