Bagaimana bila mengalami stroke dan kesadarannya menurun?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 21 Tahun
Selamat malam dok,saya ingin bertanya,om saya mengalami stroke dan pembuluh darahnya pecah sebesar 50cc dari tanggl 25 feb sampai hari ini kesadarannya mesih menurun akan tetapi masih bisa menggerakkan anggota badannya dengan baik,dan bisa membuka matanya namun tidak bisa berbicara dan tatapannya sepeti pandangan kosong,kira-kira langkah apa yang terbaik agar kesadaran om saya bisa kembali seperti semula dan bisa pulih seperti sediakala?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Stroke adalah salah satu penyakit pada pembuluh darah di kepala yang bisa mematikan dan seringkali menimbulkan kecacatan, sehingga deteksi dini sangat diperlukan.

Pada stroke dapat dibedakan menjadi 2 jenis yakni :

  1. Stroke infark/ penyumbatan.
  2. Stroke perdarahan. Pada stroke jenis ini terjadi keluhan mendadak berupa sakit kepala, mual, muntah, hingga penurunan kesadaran. Berat ringannya gejala tergantung pada seberapa banyak darah yang menggenang di dalam otak.

Masa kritis stroke sendiri bisa berlangsung sampai 10 hari, karena pembuluh darah bisa kembali pecah dan adanya genangan darah tersebut juga tidak semudah itu diserap olah otak, butuh waktu untuk proses penyembuhannya. Semakin kompleks penyakit penyertanya misal diabetes, tekanan darah tinggi, asam urat, kolesterol, faktor usia dan merokok maka tentunya proses penyembuhan akan semakin lama. Terlebih bila penanganan awal dilakukan lewat dari 6 jam maka angka kesembuhannya juga akan semakin menurun.

Saat ini yang bisa dilakukan untuk penyembuhan om Anda adalah bergantung pada obat-obatan yang diberikan oleh pihak RS. Yang menjadi target saat ini adalah masa kritis sudah terlewati, namun untuk kemungkinan pulih seperti sedia kala semuanya tergantung pada obat-obatan dan fisioterapi yang ada.

Lakukan konsultasi dengan dokter saraf yang merawat om Anda, yang melihat secara langsung kondisi om Anda agar lebih jelas kemungkinan-kemungkinannya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengukuran tekanan darah adalah bagian dari pengukuran tanda-tanda vital tubuh

Ini Nilai Tanda-tanda Vital (TTV) yang Normal untuk Orang Indonesia

Nilai tanda-tanda vital (TTV) di tubuh seperti tensi, detak jantung, pernapasan, dan suhu tubuh, dapat menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Kenali rentang nilai TTV normal dan waspadai apabila nilai yang Anda miliki, tidak masuk dalam rentang normal.