Stretch mark di belahan payudara, apakah berbahaya?

FE Info Penanya: FE, Wanita, 19 Tahun
Mau tanya ini dok, tpi mohon maaf sebelum ny pertnyaanny agak kurag sopan. Umur sya baru 19tahun dok, belum menikah, dan saya seorang perempuan.Saya punya keluhan dibagian belahan payudara, ada beberapa seperti Stretch Mark dok, apa itu gk papa dok? saya takut kalau ini berbahaya dok. Mohon jawabannya ya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FE

Biasanya garis stretch mark timbul saat pertumbuhan fisik yang cepat misalnya saat pubertas, kehamilan atau bertambahnya berat badan. Kalau dilihat dari usia anda kemungkinan dari pubertas, dan timbulnya garis tersebut sangat umum dan normal. Lama kelamaan garis tersebut akan memudar dan menyamai warna kulit normal, biasanya dalam satu sampai dua tahun. Selain itu bisa juga ada peran faktor keturunan atau gangguan hormon. Gangguan hormon sering terjadi pada remaja dan wanita muda karena organ kandungannya yang masih berkembang.

Lokasi timbulnya stretch mark bisa dimana saja terutama kulit yang paling beresiko merenggang seperti di perut, paha atau panggul. Cara mengatasinya bisa di rumah dengan menggunakan campuran exfoliasi (pengelupasan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit terluar.) seperti minyak zaitun dan gula. Secara perlahan akan menghilangkan lapisan kulit yang rusak dan membantu tumbuh kembali jaringan yang sehat. Ada juga beberapa ekstrak herbal dan essential oil untuk memperbaiki penampilan stretch mark. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi stretch mark untuk referensi tambahan.

Salam sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi parasit, dermatitis atopik, dan kulit kering adalah penyebab gatal pada kulit lansia

Mengapa Lansia Sering Mengalami Gatal-gatal pada Kulit?

Selain perubahan kulit karena faktor usia, penyebab gatal pada kulit lansia adalah adanya infeksi parasit, dermatitis atopik, kulit kering, dan penyakit ginjal.