Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi stres?

RW Info Penanya: RW, Wanita, 19 Tahun
Dok, akhir-akhir ini saya sedang banyak pikiran. Saya sering merasa lemas, padahal pola makan dan tidur masih teratur. Tidak jarang juga ketika saya mulai panik, saya pingsan. Apakah stress bisa menjadi pemicunya? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih sebelumnya, Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RW,

Keluhan psikis seperti tekanan pekerjaan, banyak pikiran, dan beban mental lain dapat memicu terjadinya stres dan beberapa keluhan psikis lain seperti panik dan cemas. Kondisi ini juga bisa memicu gangguan fisik mulai dari sering merasa lemas, mual, gangguan tidur, gangguan pencernaan, dan lainnya.

Untuk itu perlu mengatasi apa yang menjadi pemicu stres, jika merasa stres atau banyak pikiran perlu bisa menyalurkan stres pada kegiatan lain. Bisa juga berbagi cerita pada orang lain atau orang yang dipercaya. Lakukan kegiatan yang menyenangkan atau disenangi seperti menjalankan hobi, berolahraga ataupun sekedar mengambil waktu luang untuk bisa bersantai dengan keluarga.

Gangguan tidur yang timbul karena kondisi psikis, bisa membuat tubuh lemas, merasa tidak segar saat bangun tidur, ataupun juga bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat tubuh tidak fit. Selain itu juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika dirasa sulit untuk mengatasinya, bisa juga melakukan konsultasi pada profesional seperti psikolog atau dokter spesialis kedokteran jiwa dimana nantinya bisa dilakukan konseling, psikoterapi ataupun pengobatan jika diperlukan. Semoga bermanfaaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bangun tidur dengan baju dan rambut basah kuyup penuh keringat memang tidak menyenangkan

Berkeringat Saat Tidur, Bisa Jadi Gejala Penyakit Tertentu

Jika diiringi keluhan kesehatan lain, berkeringat saat tidur bisa jadi alarm terjadinya penyakit tertentu, mulai dari menopause hingga masalah saraf.