Bagaimana mengatasi stres di tengah wabah virus corona?

SN Info Penanya: SN, Pria, 25 Tahun
Bagaimana ya dok supaya hati dan pikiran tidak sedih, cemas, panik, stress dan takut ditengah wabah virus corona yg tak kunjung reda, bahkan bertambah. Ketika ada orang rumah batuk berdahak dan pilek saja saya sangat takut. Berita2 di tv, di medsos yg isinya cuma virus corona yg korbannya makin bertambah membuat takut. Padahal saya sudah banyak menghindari berita, namun ketika teringat disitu sering merasa takut ,stress, panik dan cemas. Saat mau tidur juga. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Banyak informasi yang beredar mengenai wabah virus corona sehingga menyebabkan banyak orang menjadi panik, cemas, stres, dan ketakutan yang berlebihan. Kondisi ini jika dibiarkan terus menerus bisa memberikan dampak yang negatif bagi kesehatan mental Anda. Untuk itu, Anda harus bisa mengendalikan kecemasan Anda ini. 

Cara yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Mencari sumber berita yang dapat dipercaya. Jangan mudah percaya dengan segala berita tentang corona tanpa diketahui kejelasannya. 
  • Menjaga kesehatan dengan baik: makan makanan yang sehat dan bergizi, minum air putih yang cukup, olahraga yang rutin, istirahat yang cukup, dan rajin mencuci tangan.
  • Tetap berhubungan dengan orang-orang tercinta dengan videocall, chatting dan jangan membicarakan tentang corona. Bicarakan tentang keadaannya dll.
  • Istirahat sejenak dari berita. Ini sangat penting dilakukan. Terlalu banyak informasi yang Anda baca, semakin Anda panik, cemas tidak karuan. Jadi sebaiknya lakukanlah hal-hal positif lainnya seperti mendengarkan musik, menonton film di rumah, berkebun, membaca buku, dll.
  • Mengalihkan perhatian untuk sementara.
  • Berpikir positif. Dengan Anda berpikir positif, maka imunitas Anda akan meningkat dan Anda menjadi tidak rentan terkena penyakit. 
  • Berdoa dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa agar Anda dan keluarga dijauhkan dari penyakit ini.

Itu lah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak mengalami kecemasan yang berlebihan seperti saat ini.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketika sedang stres, tubuh memunculkan reaksi fisik seperti otot tegang dan mudah marah

Gangguan Psikosomatis, Saat Stres Melampaui Batas

Ketika kita sedang stres atau cemas, muncul reaksi tubuh yang membuat tak nyaman atau istilahnya adalah gangguan psikosomatis. Gangguan psikosomatis menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum terjadi.