04 Sep 2021, 11:57Psikologi

Mengapa saya mengalami rasa stress akibat pelajaran ?

PR
Info Penanya: PR0
Saya pelajar yg termasuk pintar di kelas, saya mengalami rasa stress akibat pelajaran. Saat mendengar akan diadakan ujian saya selalu menangis dan mengalami rasa takut. Saya menganggap hal ini wajar, tetapi teman dan keluarga saya bilang hal ini berlebihan. Saya selalu panik dan takut ketika belum mengerjakan tugas. Apalagi selama pembelajaran online ini saya tidak bisa menyerap materi apapun. Saya takut terhadap pandangan org lain yg tau kalau prestasi saya turun. Bagaimana cara mengatasinya?
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, P.Setiap orang memiliki tekanan dan pemicu stress yang berbeda. Ada orang yang merasa santai walau begitu banyak masalah di hidupnya. Ada pula orang yang punya satu masalah kecil tapi ini sudah membuat dirinya tidak tenang, terus kepikiran dan merasa stress.

Apa yang menyebabkan saya mengalami rasa stress ?

Anda seorang pelajar yang termasuk pintar di kelas, mengalami rasa stress akibat pelajaran. Saat mendengar akan diadakan ujian Anda selalu menangis dan mengalami rasa takut. Anda selalu panik dan takut ketika belum mengerjakan tugas.Apalagi selama pembelajaran online ini Anda tidak bisa menyerap materi apapun. Anda takut terhadap pandangan org lain yang tau kalau prestasi Anda turun, ini dapa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Anda selalu ingin menjadi yang terbaik di pandangan orang lain. 
  • Anda orang yang mudah tertekan dan sangat sensitif.
  • Tuntutan orang tua yang ingin Anda berhasil dalam bidang akademik.
Semua ini membuat Anda stress, gangguan cemas berlebih bahkan depresi terutama jika Anda tidak dapat mengerjakan dan memahami pelajaran dengan baik. Anda boleh saja ingin menjadi juara, Anda boleh belajar, Anda boleh mengerjakan tugas tapi ingat kemampuan Anda. Jika Anda merasa lelah, Anda tidak paham, Anda dapat istirahat dan bertanya kepada guru maupun teman. Jika nilai Anda turun, jadikan hikmah kedepannya agar Anda bisa lebih paham, bukan malah menjadi suatu hal yang membuat Anda tertekan. Konsultasi ke psikiater saat Anda sangat merasa stress dan depresi menghadapi persoalan ini.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
mengatasi depresipenyebab depresigangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil