Stres dan selalu disalahkan.

AR Info Penanya: AR, Pria, 23 Tahun
Dok, saya mau tanya bagaimana menghdapi keluarga yang selalu menyalahkan saya apa saja yang saya lakukan salah, memang kalau saya dulu berbuat salah, dan saya selalu tidak di dukung untuk berusaha mencari uang dari semua jenis pekerjaan, padahal saya yang paling rajin melakukan pekerjaaan usaha keluarga sedangkan saudara saya pemalas, sampai saya rasa tidak ada semangat kuliah lgi karena saya di abaikan, malah kaka saya yang masuk penjara yang di perhatikan di beri uang,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Setiap orang pasti memiliki beban masing-masing dan cara beradaptasi atau pelampiasan yang berbeda-beda. Ada tipe orang yang melampiaskan dengan marah-marah dan menyalahkan orang lain, ada tipe orang yang memendam kekesalan, ada yang tipe berbagi cerita dengan orang lain.

Perihal kondisi Anda, yang dapat Anda lakukan adalah berusaha berpikir dewasa dan berusaha menutup kuping. Tidak ada gunanya terpuruk dalam kesedihan. Malah seharusnya Anda berjuang dan bersemangat untuk masa depan agar orang tua bisa melihat mana anak yang baik dan mana yang bukan. Tunjukkan bahwa Anda tidak seperti yang orang tua Anda pikirkan.

Cari kegiatan atau kesibukan lain yang bermanfaat, misalnya kursus bahasa asing untuk menambah wawasan dan memperluas pergaulan, agar masa depan Anda bisa lebih baik dibanding saudara Anda. Seharusnya Anda menjadikan saudara Anda contoh bahwa hal tersebut tidak perlu dicontoh.

Coba berbagi cerita dengan orang lain yang Anda percaya atau periksa ke psikolog untuk membantu merubah pola pikir Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Histeria merupakan gejala psikosomatis yang akhirnya memunculkan gejala fisik seperti mudah marah

Mengenal Histeria dan Kaitannya dengan Mass Hysteria

Histeria dulu adalah gangguan mental yang berdiri secara sendiri. Namun, sekarang ini, histeria adalah salah satu gejala yang ditimbulkan oleh gangguan mental lainnya. Histeria bisa dialami oleh banyak orang dalam waktu dan tempat yang sama dan dikenal sebagai fenomena mass hysteria.