Stres dan berat badan jadi naik.

SO Info Penanya: SO, Wanita, 23 Tahun
Pagi ,, dok saya perempuan usia 23 tahun , hampir 5 tahun setelah saya memutuskan merantau jauh daro tmpt tinggal , kenangan buruk waktu dikampung selalu menghantui bahkan mempengaruhi mood makan sya sampai saya naik 30 kg selama 5 tahun ini , saya kurang percaya diri Saat saya sedih selalu mencari makanan pedas , saya merasa tidak dicintai, saya selalu ingin bunuh diri tapi saya takut mati, sebaik nya saya pergi kepsikolog atau kehipnoterapi tolong info nya . Terimakasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam SO,

Trauma di masa lalu bila tidak ditangani dengan baik memang dapat menghantui kehidupan saat ini. Trauma yang berkepanjangan akan mengganggu pikiran dan suasana hati yang akan berakhir dengan depresi. Munculnya hal-hal sepele yang mengingatkan kejadian di masa lalu dapat mengakibatkan depresi semakin dalam.

Ciri-ciri orang sedang depresi adalah sebagai berikut :

  1. Sering mendadak sedih dan marah tanpa ada penyebab yang jelas.
  2. Peningkatan atau penurunan berat badan.
  3. Sering mengantuk atau sulit tidur.
  4. Ada pemikiran bahwa dengan mengakhiri hidup dapat menyelesaikan masalah.
  5. Ada usaha melakukan percobaan bunuh diri.
  6. Merasa dirinya tidak berguna.
  7. Selalu merasa bersalah.
  8. Kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya menyenangkan.

Keadaan depresi ini yang berkepanjangan akan berdampak negatif baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena keadaan ini sudah berlangsung selama 5 tahun, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke psikiater agar masalah ini tidak berkepanjangan.

Sementara untuk mengurangi berbagai keluhan yang Anda rasakan, Anda dapat mencoba berbagi perasaan dengan orang tua atau teman yang sekiranya Anda percaya, lakukan olahraga untuk meningkatkan hormon endorfin, cari kegiatan lain yang menyenangkan seperti piknik, berbelanja dibanding dengan mengalihkan ke makanan yang akan semakin menambah berat badan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda stress tidak hanya menyerang kesehatan mental, tapi juga berdampak buruk untuk tubuh.

Tanda-tanda Stress pada Kesehatan Fisik Ternyata Tidak Boleh Diremehkan

Tanda-tanda stress ternyata tidak hanya terlihat dari kesehatan mental kita, tapi juga kesehatan fisik. Bahayanya, tanda-tanda stress dapat terlihat dari rendahnya libido hingga sakit kepala.