Stres, apa efeknya?

D Info Penanya: D, Wanita, 18 Tahun
Dear Dokter, saya sering merasa sakit dada bagian kiri yang menjalar ke punggung dan tangan kiri ketika saya sedang emosi, sedih, stres, dan kecapean. Kira-kira saya sakit apa ya Dokter? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu D,

Keluhan fisik yang dialami Ibu ini lebih besar kemungkinan berhubungan dengan psikis atau kejiwaan. Bukan karena penyakit pada fisik. Secara umum dalam dunia Kedokteran, keluhan fisik yang diakibatkan karena gangguan kejiwaan dikenal dengan nama Psikosomatis. Sementara dari pemeriksaan fisik, tidak ditemukan adanya penyakit fisik.

Umumnya keluhan fisik akibat stess mental yang dialami berhubungan dengan penyakit kulit, otot dan sendi, pernapasan, jantung, saluran kemih, kelenjar, mata dan saraf. Hal ini berdasarkan penelitian bahwa stress dan cemas yang berlebihan menyebabkan gangguan hormonal dan mempengaruhi kinerja organ tubuh sehingga meningkatkan resiko sakit pada tubuh, seperti penyakit jantung dan penyakit asthma.

Untuk keluhan seperti ini, pengobatan terutama berupa teman untuk berbagi keluhan, managemen kemarahan, bisa menahan diri dan lebih relaksasi, tingkatkan waktu berdoa atau shalat. Sebaiknya berusaha untuk memiliki banyak teman dan kegiatan yang positif untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan diri di masa muda.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan terus terpuruk, lakukan move on dari putus cinta

9 Langkah Move On agar Tak Terus Terpuruk Setelah Putus Cinta

Putus cinta memang menyakitkan. Tapi jangan berlarut-larut dalam kesedihan karena Anda harus move on dan kembali melanjutkan kehidupan Anda.