Bagaimana cara mengatasi strabismus?

HA Info Penanya: HA
Dok kalo strabismus dihilangkan harus dgn operasi ya? Apakah selepas operasi mata akan normal tanpa strabismus bisa kdmbali lg?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HA,

Strabismus atau mata juling adalah kondisi dimana mata kanan dan kiri tidak berada di kondisi yang sejajar, dimana bisa melihat ke arah yang berbeda satu sama lainnya. Hal ini bisa timbul disertai dengan gangguan pandangan, penglihatan kabur ataupun bisa ganda, sakit kepala dan mata menjadi tegang. 

Penyebabnya sendiri bisa beragam, bisa karena gangguan saraf yang mengendalikan otot mata, adanya trauma, otot yang lebih lemah dari sebelahnya, ataupun penyebab lainnya.

Untuk mengatasi astigmatisme atau mata juling bisa dilakukan tergantung dari kondisi dimana jika ringan bisa dilakukan latihan khusus untuk memperkuat otot bola mata seperti dengan kacamata khusus, dilakukan penutupan satu mata juntuk membantu melatih otot yang lebih lemah. Tetapi jika diarasa berat maka perlu dilakukan operasi untuk mengatasinya. 

Untuk itu baiknya periksakan kondisi mata pada dokter spesialis mata untuk mengetahui berat ringannya kondisi mata agar dilakukan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab katarak pada lansia adalah karena susunan dan gangguan pada lensa mata

Kenali dan Hindari Penyebab Katarak Berikut Ini pada Lansia

Penyebab utama katarak pada lansia adalah karena susunan dan gangguan pada lensa mata. Jika dibiarkan, kondisi ini lama-kelamaan akan menyebabkan kebutaan.Katarak merupakan salah satu penyakit mata yang paling sering terjadi pada lansia. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko lansia terkena katarak. Bahkan, penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.