Stop pil KB dan mengganti ke kondom, saat ini menstruasi menjadi banyak.

LZ Info Penanya: LZ, Wanita
Dok mau tanya.setelah saya lepas pil kb terus saya ganti kb kondom. Kenapa mentruasi saya sekarang keluarnya banyak banget tidak sperti dulu wktu sya pkek pil kb.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LZ

Pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron yang juga dihasilkan oleh tubuh. Hormon tersebut membuat suatu keseimbangan. Karena saat menggunakan pil KB, ada tambahan hormon dari luar sehingga tercipta keseimbangan hormon agar tidak hamil yang menetap. Sedangkan setelah anda hentikan, tubuh anda akan mengalami fase transisi selama beberapa siklus. Keseimbangan hormon berubah-ubah sesuai siklus haid anda, saat menstruasi, saat subur atau saat tidak subur.

Biasanya setelah beberapa siklus akan kembali seperti sediakala sebelum menggunakan pil KB. Bila anda khawatir bisa diskusi langsung dengan Dokter Spesialis Kandungan, mungkin akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat organ kandungan anda. Lebih jelas tentang siklus menstruasi bisa anda baca pada artikelnya. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat, dengan cara istirahat yang cukup, menjaga berat badan ideal, olahraga teratur (jangan terlalu berlebihan), hindari stres dan makan yang bergizi serta seimbang. Saya lampirkan juga artikel mengenai jenis-jenis KB untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pergeseran posisi merupakan salah satu efek samping IUD yang mungkin terjadi

Efek Samping IUD, Pertimbangkan Sebelum Memilihnya

Sama seperti alat kontrasepsi lain, IUD atau KB spiral dapat menyebabkan sejumlah efek samping pada penggunanya. Salah satunya adalah posisi IUD bisa bergeser dari tempatnya semula. Kira-kira apa penyebabnya?