10 Jan 2021, 18:31Kandungan

Efek samping KB 3 bulan?

Y
Info Penanya: Y0
Dok mau tanya sy baru stop kb 3 bulan sejak bulan september th kemaren gak haid sm sekali cuma flek 2x aja msuk januari ini kenapa perut sy sering kram sm payudara sy rasanya nyeri puting membesar dan sakit bnget dua"nya sy tes 2x negatif .apa itu hanya efek dri stop kb ya dok?
172 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi Y ,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.KB suntik merupakan salah satu jenis KB hormonal yang sering digunakan di Indonesia. KB suntik di Indonesia dibagi menjadi 2, yaitu KB suntik 1 bulan dan Kb suntik 3 bulan. Selain suntik KB, ada beberapa macam jenis KB yang ada di Indonesia seperti pil KB dan implan. KB suntik bekerja dengan menghentikan ovulasi yaitu pelepasan sel telur ke dalam rahim, mengentalkan lendir serviks sehingga jika ada sperma yang masuk, akan kesulitan untuk menembusnya.

Beberapa manfaat KB suntik :

  • Tidak menggangu hubungan seksual
  • Aman digunakan untuk ibu menyusui
  • Tidak perlu di minum setiap hari

Beberapa kekurangan KB suntik :

  • Siklus haid yang tidak normal
  • Gangguan hormonal seperti jerawat dan kegemukan
  • Gangguan mood
  • Membutuhkan waktu yang lama untuk kembali normal
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan bisa saja kemungkinan, keluhan yang Anda alami merupakan salah satu efek samping dari suntik KB yang Anda lakukan. Jika keluhan tidak membaik dan membutuhkan informasi lebih lanjut sebaiknya, lakukanlah konsultasi ke dokter spesialis kandungan melalui online chat, ataupun Anda bisa melakukan pemeriksaan dan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kandungan terdekat dari lokasi Anda.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
seksmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil