08 Dec 2020, 21:13Kandungan

Setelah keguguran kenapa tidak haid?

SS
Info Penanya: SS, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya sempat mengalami keguguran ditanggal 7 nov dn brkhir pndrhn pd 14nov tnpa kuret. tpi smpai saat ini saya td haid dok.saya sdh 3x tespek dn negatif. saya sempat berhubungn dgn suami dtgl 29, tp menggunakan kondom..dn saya mengeluarkan lendir kecoklatan hnya skli stlh tespek msh negatif.tp knpa saya tdk kunjung haid hingga saat ini dok, dn perut saya agak sedikit membesar dri sblumnya. mohon dijawab.
991 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi SS,Keguguran pasti akan menyisakan kesedihan yang mendalam, karena itu diperlukan beberapa waktu pemulihan baik dari segi organ reproduksinya maupun dari segi mentalnya. Sehingga saat seorang wanita mengalami keguguran maka sebaiknya tidak segera hamil lagi untuk memberi waktu baik tubuh maupun mental pulih kembali.

Beberapa penyebab keguguran:

  • Kualitas sel telur atau sperma yang kurang baik.
  • Terlalu kelelahan atau kurang istirahat.
  • Asupan nutrisi tidak terpenuhi dengan baik.
  • Adanya trauma benturan atau terjatuh saat usia kehamilan masih muda.
Perihal kenapa setelah Anda keguguran belum haid lagi, maka bisa saja disebabkan oleh hormon-hormon Anda yang belum seimbang karena hormon kehamilan bisa menetap di dalam tubuh hingga 4-6 minggu paska keguguran. Bila Anda sudah tes pack berulang kali dan memang hasilnya negatif, maka artinya Anda memang tidak sedang hamil.Yang perlu Anda lakukan adalah menjalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur hijau, kacang-kacangan, serta minum air putih yang banyak dan cukup istirahat. Dan sebaiknya Anda menunda program hamil dalam waktu 3 bulan mendatang (3 kali siklus haid normal) agar organ reproduksi Anda pulih terlebih dahulu sebelum Anda hamil lagi.  Jika dalam 3 bulan berturut-turut Anda tetap belum haid, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG sehingga bisa dipastikan kondisi organ reproduksi Anda.Salam sehat,dr. Vina
tes kehamilankegugurangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil