Stimuno aman untuk diminum setiap hari?

PN Info Penanya: PN
Hi dok, bisa minta tolong penjelasannya untuk keamanan minum suplemen stimuno setiap hari dok? Itu boleh ga ya diminum setiap hari sama anak? Karena saya baca kalau vitamin sama suplemen katanya tidak boleh diminum lebih dari 7 hari. Kalau stimuno gimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PN,

Stimuno adalah suplemen immunomodulator yaitu suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh penggunanya dengan merangsang tubuh untuk membuat lebih banyak antibodi agar kekebalan tubuh optimal. Suplemen ini sendiri diproduksi dari tanaman meniran yang memiliki manfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Sedangkan vitamin adalah zat organik yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga perlu ada asupan dari luar, baik dari makanan seperti dari buah, sayur, ataupun lauk pauk dan juga bisa didapatkan dari suplemen vitamin seperti vitamin A, B, C, D dan vitamin lainnya.

Suplemen immunomodulator seperti stimuno sendiri merupakan produk herbal bersertifikat fitofarmaka, bisa dikonsumsi jangka panjang. Meskipun begitu tidak perlu dikonsumsi setiap hari, dimana penggunaannya yang paling baik adalah:

  • Ketika tidak enak badan
  • Saat dirasa daya tahan tubuh menurun
  • Merasa kelelahan
  • Ataupun timbul gejala masalah kesehatan lain

Untuk stimuno sendiri bisa dikonsumsi oleh dewasa ataupun pada anak-anak. Perhatikan aturan pakai pada kemasan obat dan ikuti anjuran dosis yang diberikan. Pastikan juga produk herbal sudah bersertifikat fitofarmaka. 

Pada orang dewasa bisa dikonsumsi sebanyak 1-3 kapsul dalam 1 hari dan pada anak-anak lebih dari 1 tahun bisa mengonsumsi 1 sendok takar sebanyak 1-3x sehari. Ada baiknya juga berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter terutama untuk kondisi seperti ibu hamil atau menyusui. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memenuhi asupan dengan makanan mengandung vitamin D yang berasal dari laut

Konsumsi Makanan Mengandung Vitamin D yang Berasal dari Laut

Memenuhi asupan harian vitamin D cukup penting, vitamin D berguna untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari laut, seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna dan udang, Anda tidak akan kekurangan vitamin D.