Bagaimana pengobatan kulit tangan yang seperti melepuh

S Info Penanya: S, Wanita, 28 Tahun
Selamat sore dok mau tanya..tangan anak saya itu seperti melepuh itu bagaimana cara mengobatinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keluhan kulit dapat beragam dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Keluhan kulit kulit yang kerap kali ditemukan adalah timbulnya ruam yang terasa gatal, nyeri, atau bahkan melepuh. Faktor yang menyebabkan keluhan tersebut dapat berupa infeksi, radang pada kulit yang disebakan oleh alergi ataupun penyakit autoimun.

Terkait dengan keluhan pada kulit tangan anak Anda yang seperti melepuh, dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti :

Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan secara langsung, terutama pada kelainan kulit, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dengan seksama untuk mengidentifikasi ruam yang timbul. Hal ini berhubungan dengan pengobatannya, berbeda penyebab, akan berbeda pula pengobatannya.

Contohnya seperti impetigo, atau infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, perlu penanganan antibiotik, dan untuk infeksi virus diperlukan daya tahan tubuh yang baik, dan antivirus topikal jika diperlukan. Untuk kasus yang disebabkan oleh reaksi alergi, perlu ditelusuri pemicu alerginya (alegen), menghindarakan dari paparan alergen dan diberikan pengobatan berupa anti histamin dan andti radang jika reaksi alerginya cukup berat.

Jika keluhan yang terjadi pada Anak Anda dinilai cukup mengkhawatirkan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter Spesialis Kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk sementara, jagalah kulit anak agar tidak terjadi infeksi sekunder atau infeksi yang berkelanjutan dengan menghindarkan paparan debu, dan mengompres bagian yang sangat basah dengan cairan saline yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek. Apabila masih terdapat lepusan yang berbentuk bentol berisi cairan, sebisa mungkin jagalah agar tidak pecah dengna mengoleskan sedikit bedak salisil untuk menghindari gesekan yang dapat menyebabkan bentol pencah.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bayi dan lansia berisiko lebih tinggi terhadap keringat buntet atau biang keringat

Hindari Gatal di Kulit, dengan Mengetahui Penyebab Keringat Buntet

Keringat buntet terjadi ketika kelenjar keringat tersumbat oleh sel kulit mati serta bakteri. Penyebab keringet buntet adalah terlalu lama berbaring di kasur akibat suatu penyakit, penggunaan obat-obatan tertentu dan lainnya.