22 Jun 2021, 17:55Perut

Bayi BAB hingga 3 kali sehari, apakah intoleransi laktosa dari susu formula ?

RU
Info Penanya: RU0
Mau tanya Dok Anak saya br berumur 1 minggu 3 hari karna asi kurang lancar jd di bantu dengan susu formula tp BAB sehari bs 3/4x sehari apakah itu normal atau susu formula tidak cocok Apa solusinya Dok
147 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Anak yang baru lahir terutama anak pertama membuat ibu ekstra hati-hati dalam memberikan apapun. Ibu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, namun salah persepsi dengan memberikan susu formula dimana ASI merupakan makanan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Apakah bayi BAB hingga 3 kali sehari karena tidak cocok susu formula ?

Tidak ada kata-kata bahwa ASI itu kurang untuk bayi dan bayi tidak cukup dengan minum ASI saja tetapi harus dibantu susu formula. ASI merupakan ciptaan Yang Maha Esa dimana disesuaikan dengan kebutuhan bayi, mengandung banyak sekali manfaat, vitamin, mineral bahkan antibodi yang dapat melindungi bayi dari penyakit.Prinsip ASI, diproduksi sesuai dengan kebutuhan bayi. Jika bayi sering menyusui, maka ASI menganggap kebutuhan banyak sehingga produksi dapat meningkat. Saat bayi jarang disusui, maka ASI menganggap bayi sudah cukup, sehingga produksi ASI menurun.Sehingga Anda harus terus memberikan ASI dan stop susu formula. Semahal apapun susu formula tidak dapat menganggantikan ASI. Sudu formula juga mengandung laktosa yang membuat bayi lebih sering BAB (intoleransi laktosa). Selama BAB tidak disertai darah, bayi tenang, bayi tidak dehidrasi, Anda tidak perlu cemas. Namun jika BAB semakin sering dan bayi menjadi rewel bahkan demam, segera konsultasi ke dokter spesialis anak.Semangat mengasihi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
produksi asiintoleransi laktosasusu formula
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil